PISA Songklha Thailand- Kemenag Riau Bangun Komitmen Disektor Pendidikan

Ditulis Oleh imuss Jum'at, 16 Maret 2018, 15:09

Riau (Inmas)- Rombongan Principles And Director Of Private Islamic School Association (PISA) atau Persatuan Sekolah Swasta Islam Songklha Thailand melakukan kunjungan ke Kanwil Kemenag Riau dalam rangka menjajaki kerjasama Bidang Pendidikan Keagamaan Madrasah di Provinsi Riau, Jumat (16/3/2018).

Kunjungan rombongan PISA Thailand tersebut disambut langsung oleh Kakanwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi MA, didampingi Kabid Penmad Kemenag Riau H Asmuni MA, Kasi Kurikulum dan Evaluasi Drs H Kamaruddin, dan Kasi Kelembagaan Sistem Informasi H Hera Firmansyah S Ag di Aula Kanwil Kemenag Riau.

Ketua Rombongan dan juga sebagai Advisor of Private Islamic School Association (PISA) Songklha, Thailand, H. Abdul Syukur, menyampaikan, kedatangannya ke Riau dalam rangka menindaklajuti rencana kerjasama, khususya pertukaran pelajar antar dua Negara Serumpun.

“InsyaAllah PISA dan Kanwil Kemenag Riau akan melanjutkan diskusi dan MOU seperti salinan pelajar dari Riau ke Thailand dan juga dari Thailand ke Riau satu bulan, atau satu minggu. Dan juga guru-guru untuk mendekatkan akademik antara 2 negara khususnya community asia tenggara,” jelasnya.

Ditambahkan Wakil Ketua Thamsuksa School Thailand, Ustadzah Maryam Hajimat, rombongan PISA Songklha Thailand sebanyak 14 orang terdiri dari ketua- ketua madrasah swasta.

“Terima kasih kepada ketua- ketua madrasah yang ada di Provinsi Riau ataupun dari Universitas yang sudah menyambut kami dengan baik. Yang membuat saya lebih senang adalah orang Indonesia tidak sombong, tetapi baik hati. Semoga ini bisa ditindak lanjuti,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kakanwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi MA, mengharapkan, kunjungan silaturrahim PISA Thailand hendaknya dapat berlanjut kerjasama dibidang pendidikan, seperti pertukaran pelajar, pertukaran siswa magang dan kegiatan lain yang dapat menunjang semakin berkembangnya pendidikan di Madrasah.

“Yang pertama tentu saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan PISA Songkhla Thailand yang menyempatkan diri berkunjung ke kanwil kemenag Riau. Tadi kita juga sudah menyampaikan terkait beberapa hal yang terkait dengan pendidikan madrasah di provinsi riau saya berharap supaya silaturahim yang sedang dilaksanakan ini bisa dilanjutkan dengan kerja sama dalam bidang pendidikan. Apakah dalam bentuk pertukaran pelajar, atau magang mahasiswa yang dari Thailand datang ke Riau ataupun yang dari Riau datang ke Thailand. Saya kira ada sinergi soal pendidikan di Riau dan yang ada di Songklha,” harapnya.

Sementara itu Kabid Penmad Kemenag Riau H Asmuni MA mengatakan, bentuk kerja sama yang akan dilaksanakan antara beberapa sekolah islam di Songklha Thailand dalam bidang akademik, baik pertukaran pelajar maupun guru.

“Kerjasama yang kita jalin yaitu dari sisi akademik baik dari sisi pertukaran pelajar maupun pertukaran guru. Tentu ini menyangkut program-program akademik yang meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan bagi kedua belah pihak. Semoga dari segi administrasi kenegaraan ini tidak ada halangan untuk kita menjalin kerja sama lebih jauh,” ujarnya.

Selain berkunjung ke Kanwil Kemenag Riau, Rombongan PISA Songklha Thailand akan kunjungan ke SMA Mutu (Muhammadiyah 1), MAN 1 Pekanbaru, MAN 2 Pekanbaru dan MAN Taluk Kuantan. (mus/anto/aulia/satria)
kembali ke daftar berita

Berita Lainnya