Tim Irjen Kemenag RI Lakukan Reviu Laporan Keuangan Semester II di Riau

Ditulis Oleh imuss Jum'at, 12 Januari 2018, 10:19

Entry Briefing Reviu Laporan Keuangan Semester II

Riau (Inmas)- Tim Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agama RI melakukan Reviu Laporan Keuangan Semester II Tahun 2017 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau pada 11- 20 Januari 2018. Tim Irjen tersebut terdiri dari 5 orang, dengan Ketua Tim Muhammad Arif Rahman dan anggota Angga Munggara Harisman, Safa’at Setiawan, Abdul Fatah Suparman dan Jufri.

Ketua Tim Muhammad Arif Rahman, Jumat (12/1/2018) usai melakukan Entry briefing  Reviu Laporan Keuangan dengan seluruh BPP di Aula Kanwil Kemenag Riau mengatakan, bahwa Reviu laporan yang dilakukan saat ini merupakan tahap kedua dalam rangka mendapatkan laporan keuangan yang disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah.

“Dalam reviu kita ini mencapuk keseluruhan laporan keuangan, mulai dari neraca, laporan realisasi anggaran, LE, LO, catatan atas lapaoran keuangan dan lainnya dari seluruh satker yang ada di Provinsi Riau, baik itu madrasah, perguruan tinggi, kemenag maupun kanwil dengan tujuan untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” jelasnya.

Kakanwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi MA didampingi Kabag TU Drs H Mahyudin MA, mengatakan, program Reviu Laporan Keuangan Semester II merupakan hal yang sangat penting dalam rangka mempertahankan WTP dan untuk menghadapi pemeriksaan Badan Pemerika Keuangan (BPK) pada Akhir Januari 2018.

“Jadi ini sangat penting dilakukan dalam rangka menuju pemeriksaan BPK untuk memastikan bahwa laporan keuangan yang ada sudah sesuai dengan standar laporan keuangan. Terhadap yang masih kurang, dilakukan perbaikan- perbaikan,” ungkapnya dan berharap agar Bendahara, BPP dan petugas keuangan di Lingkungan Kemenag Riau untuk proaktif mengikuti riviu karena ini sangat menentukan predikat Kementerian Agama Provinsi Riau, untuk tetap mempertahankan WTP sebagai harga mati.

Ditempat terpisah Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Riau, H Muliardi M Pd mengatakan, untuk laporan Keuangan di Kanwil Kemenag Riau telah dilakukan secara maksimal. Namun demikian, reviu tetap harus dilaksanakan dalam rangka memastikan laporan keuangan tahun 2017 tidak bermasalah.

“Kita sangat menyambut baik dan mempersiapkan segala sesuatunya terkait apa- apa saja yang menjadi kebutuhan reviu Tim Irjen, karena ini juga dalam rangka menghadapi pemeriksaan BPKI RI pada Akhir Januari 2018,” pungkasnya. (mus/eka/ady/belen)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya