5.028 Pasport JCH Riau Sudah di Jakarta

Ditulis Oleh bidanghaji Senin, 19 Juni 2017, 08:28

Pekanbaru (Inmas) Waktu penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1437H/2017M sudah semakin dekat, dimulai dari proses dokumen, hingga bimbingan ibadah sudah dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Riau, hingga saat ini sebanyak 5.028 Pasport / 98 persen Dokumen JCH tersebut sudah  di Jakarta, Hal ini disampaikan pelaksana harian (PLH) Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Riau Riau Drs.  H. Dalil, MA.

Menurut Data kuota seharusnya dokumen JCH Provinsi Riau berjumlah 5064, akan tetapi yang terpenuhi hanya sebanyak 5028, hal ini dikarenakan terdapat 18 JCH yang mutasi ke provinsi lain, 13 mengundurkan diri/wafat, 2 JCH masih berada di luar negeri, 1 masih dalam proses mutasi ke sumbar, 2 tidak diproses pasport karena alasan tersendiri. Maka dari itu kemungkinan jamaah haji Riau tahun ini tidak mencapai 5064 orang.

Lebih lanjut PLH Kabid mengatakan alhamdulillah sampai saat ini belum ditemukan kendala dalam proses dokumen ini, malahan provinsi Riau termasuk salah satu  provinsi yang tercepat dalam pengiriman pasport untuk divisa ke Jakarta, hal ini tentunya berkat kerjasama dan managemen yang baik oleh pimpinan. Dengan hampir rampungnya pengiriman pasport ini semoga Kedutaan Besar Arab Saudi dapat menerbitkan seluruh pasport yang telah kita kirimkan.

Untuk rincian paspor Kabupaten/Kota se Riau  yang sudah berada dijakarta yakni Pekanbaru 1035, Kampar 833, Bengkalis 407, Inhu 277, Inhil 423, Dumai 212, Rohul 456, Pelalawan 399, Kuansing 257, Siak 252, Rohil 362, Kep. Meranti 81 dan TPHD 34 orang, total 5028 pasport.

Adapun tahapan selanjutnya yang menjadi target adalah mencetakan lembar DAPIH (Daftar Administrasi Perjalanan Ibadah Haji) yang mana blangko lembaran tersebut sudah diterima sebanyak 5200 buah, proses pencetakan belum dilaksanakan disebabkan format Dapih yang ada di siskohat masih menggunakan format yang lama, sedangkan lembar yang ada tahun ini lebih kecil dari tahun sebelumnya dan ini masih dalam tahap perbaikan penyesuaian format oleh siskohat pusat.

Sebagaima diketahui lembar Dapih ini akan ditandatangani oleh Kankemenag yang di stemple, dibubuhi pas photo jamaah, dan nantinya dalam proses keberangkatan di asrama hingga sampai kembali ke indonesia lembar  yang sebanyak 8 sesi ini akan disobek sesuai kegunaannya masing-masing. (nik)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya