Kakanwil Kemenag Riau Minta Madrasah Lakukan Percepatan Akreditasi

Ditulis Oleh imuss Sabtu, 17 Juni 2017, 09:12

Riau (Inmas)- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Riau, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, meminta kepada seluruh madrasah pada semua jenjang pendidikan di Provinsi Riau, agar mempersiapkan diri secara matang untuk melakukan akreditasi, sekaligus mengambil langkah langkah penting untuk melakukan percepatan akreditasi, sebab keberadaan sebuah madrasah sangat ditentukan oleh nilai akreditasinya.

Demikian ditegaskan Kakanwil Kemenag Riau yang didampingi Kabid Pendidikan Madrasah H Asmuni MA, ketika memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Bimbingan Teknis Pengembangan Madrasah Efektif Kanwil Kemenag Provinsi Riau, yang ditaja oleh Bidang Pendidikan Madrasah pada 15-  17 Juni 2017 di Hotelm Mutiara Merdeka Pekanbaru, dengan jumlah peserta 40 orang utusan Kabupaten/ Kota se Riau.

Ahmad Supardi yang juga mantan Kakan Kemenag Rohul ini lebih lanjut mengatakan bahwa untuk melakukan percepatan akreditasi, telah ada panduannya secara teknis yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) Yakni 8 standar pendidikan, yang meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kepenfidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan, dan standar penilaian pendidikan.

"Kedelapan standar pendidikan telah terinci sangat jelas dalam panduannya, sehingga tidak ada yang sulit disitu, apalagi semuanya masih dalam wilayah pekerjaan manusia, dan bukan wilayah pekerjaan Tuhan," ungkap lelaki berdarah batak mandailing ini.

Ahmad Supardi yang pernah berdinas selama tujuh tahun di Kanwil Kemenag Prov Maluku ini berharap kepada semua peserta yang adalah para Wakil Kepala Madrasah di Provinsi Riau, agar kegiatan selama tiga hari ini dapat diikuti dengsn baik, apalagi Direktur Pendidikan Madrasah Prof Dr Nur Kholis Setiawan akan datang secara khusus dari Jakarta untuk menyampaikan materi pembelajaran.

"Untuk itu agar ilmu yang diperoleh selama bimtek ini dapat diterapkan di madrasah masing- masing serta dapat ditularkan kepada guru- guru yang ada, sehingga menjadi semacam virus kebaikan yang menjalar ke semua lini sektor pendidikan," harapnya. (ash/e-m)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya