Kakan Kemenag Kampar Menjadi Narasumber Pembekalan KKN Angkatan 41 di UIN Suska Riau

Ditulis Oleh riaukampar Kamis, 15 Juni 2017, 11:20

Kampar (Inmas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Drs H Alfian MAg, menajdi Narasumber pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik posdaya berbasis Masjid Universitas Islan Negeri (UIN) Suska Riau Angkatan ke-41 tahun 2017, hari rabu (14/06) di PKM LPPM UIN Suska Riau, Pekanbaru.
Dalam acara tersebut Alfian memaparkan tentang kondisi sosial keagamaan di Kab. Kampar. Yang mana di Kabupaten Kampar, yang dijuluki dengan Negeri serambi Mekkahnya riau ini, mayoritas penduduknya beragama Islam. Kemudian diikuti oleh Protestan, Katolik, Budha, dan Hindu.


Jumlah pemeluk agama yang paling banyak adalah pemeluk agama Islam yang jumlahnya hampir 90?ri total pemeluk agama di seluruh wilayah Kabupaten Kampar, selanjutnya pemeluk agama Kristen yang terbanyak kedua sebanyak 63.557 orang atau 8,6%. Pemeluk agama Islam yang terbanyak berada di Kecamatan Siak Hulu yaitu sebanyak 63.511 orang. Meski pada umumnya semua Kecamatan di Kabupaten Kampar adalah mayoritas beragama Islam, jelas Alfian.


Untuk menghadapi perkembangan dan kemajuan zaman yang demikian pesat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar telah mencanangkan visi untuk keberadaannya di masa sekarang dan masa yang akan datang. Kebutuhan akan visi tersebut merupakan sesuatu yang sangat mutlak sebagai pedoman Organisasi/Instansi untuk melangkah ke depan dalam menyikapi perkembangan zaman. Sebagai cara pandang ke depan maka visi harus di rumuskan sedemikian rupa untuk mencapai hasil yang akan di raih oleh Organisasi/Instansi.


Adapun Visi yang telah dirumuskan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar adalah : “Terwujudnya masyarakat Kabupaten Kampar yang taat menjalankan ajaran Agama dan menjadikan Agama sebagai landasan akhlak moral dan etika “. Mudah-mudahan dengan visi yang kita canangkan ini, kehidupan social keagamaan di Kab. Kampar, bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan berasama. Sehingga nantinya bisav tercipta kehidupan masyarakat Kab. Kampar yang baldatun tayyibatun warabbun ghofuur, pungkas Alfian. (Ags/Usm)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya