Kemenag Kampar Terbitkan Buku Khutbah Idul Fitri 1438 H

Ditulis Oleh riaukampar Selasa, 13 Juni 2017, 10:11

Kampar (Inmas) – Untuk memudahkan para Da’i dalam memberikan materi khutbah pada pelaksanaan hari raya idul fitri 1438 H/ 2017 M, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar menerbitkan buku khutbah idul fitri. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Alfian MAg, didampingi Humas Kemenag Kampar Gustika Rahman SPdI, hari selasa (13/06) diruang kerjanya.


Alfian menjelaskan, buku khutbah idul fitri tahun ini di tulis langsung oleh Penyuluh Agama Ahli Madya Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar H Basri SAg, MSy, dengan judul “Pesan-pesan Ramadhan”.
Pesan-pesan Ramadhan dalam buku ini yang pertama adalah Pesan moral atau Tahdzibun Nafsi Artinya, kita harus selalu mawas diri pada musuh terbesar umat manusia, yakni hawa nafsu sebagai musuh yang tidak pernah berdamai. Rasulullah SAW bersabda: Jihad yang paling besar adalah jihad melawan diri sendiri.


Yang kedua Pesan social. Pesan social Ramadhan ini terlukiskan dengan indah. Indah disini justru terlihat pada detik-detik akhir Ramadhan dan gerbang menuju bulan Syawwal. Dimana, ketika umat muslim mengeluarkan zakat fithrah kepada Ashnafuts Tsamaniyah (delapan kategori kelompok masyarakat yang berhak menerima zakat), terutama kaum fakir miskin tampak bagaimana tali silaturrahmi serta semangat untuk berbagi demikian nyata terjadi.


Pesan ketiga adalah pesan jihad. Jihad yang dimaksud di sini, bukan jihad dalam pengertiannya yang sempit; yakni berperang di jalan Allah akan tetapi jihad dalam pengertiannya yang utuh, yaitu: Pengertian jihad ini lebih komprehensif, karena yang dituju adalah mengorbankan segala yang kita miliki, baik tenaga, harta benda, atapun jiwa kita untuk mencapai keridhaan dari Allah; terutama jihad melawan diri kita sendiri yang disebut sebagai Jihadul Akbar, jihad yang paling besar.


Mudah-mudahan dengan diterbitkanya buku ini, dapat menjadi bahan bacaan oleh para khatib yang akan memberikan khutbah hari raya idul fitri tahun ini, dan membawa secerca cahaya bagi pengembangan wawasan ummat Islam. (Ags/Usm)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya