Kakanwil Teropong Hilal 1 Ramadhan 1438 H di Minas

Ditulis Oleh novam Jum'at, 26 Mei 2017, 21:24

Riau (Inmas) - Sudah menjadi kewajiban setiap penentuan 1 Ramadhan, Kementerian Agama melaksanakan Hisab Rukyat diberbagai daerah yang berpotensi untuk melihat hilal. Pada Tahun 2017 M atau 1438 H, Kementerian Agama Prov. Riau melaksanakan Hisab Rukyat di Km 27 Keluharan Minas Jaya, Kabupaten Siak. Peneropongan hilal ini disaksikan langsung oleh Ka.Kanwil Kemenag Prov. Riau, Drs. H. Ahmad Supardi, MA, didampingi oleh Kabag Tata Usaha, Drs. H. Mahyudin, MA, dan Kabid Urais dan Binsyar, Drs. H. Irhas beserta kasi dan pegawai Bidang Urais yang memiliki tupoksi dalam penentuan ini.

"Saya memang sengaja melakukan peneropongan hilal ini disini, karena membandingkan berbagai tempat seperti tahun sebelumnya kita melakukan hisab rukyat langsung di tepi pantai yaitu Pulau Rupat, Kab. Bengkalis. Maka pada tahun ini, sesuai dengan amatan saya pada tahun sebelumnya mengenai kecerahan langit bahwa tempat ini bisa dijadikan tempat untuk meneropong hilal. Mudah-mudahan sampai waktunya nanti kita dapat melihat hilal seperti yang kita inginkan," jelas Irhas, Kabid Urais dan Binsyar.

Beliau juga menjelaskan bahwa diperkirakan hilal akan terlihat pada pukul 18.15 wib, berdasarkan aplikasi Al – Falakiyah dengan letak lintang 00° 30’ 00” dan Bujur 101° 28’ 00”, waktu Ijtima tanggal 26 Mei 2017 pukul 02:45:54.

Pada beberapa saat setelah waktu peneropongan hilal telah berlangsung, ternyata hilal tidak terlihat tetapi dengan adanya 2 cara penentuan 1 Ramadhan yaitu melihat Rukyat Hilal dan hisab atau menghitung.

Sesuai dengan penjelasan Ahmad Supardi bahwa walaupun saat ini hilal tidak terlihat, masih ada metode hisab atau perhitungan yang tadi bisa kita lihat sudah dipastikan besok itu mulai 1 Ramadhan 1438H. Pada pemberitaan nasional pun sudah dapat dilihat ada beberapa daerah di Indonesia ini yang terlihat hilalnya yaitu NTT, Jawa Timur, dan Kepulauan Seribu.

“Maka dari itu dengan penetapan ini, saya mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada seluruh masyarakat Riau. Saya berharap kepada seluruh umat Islam dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan yang tidak kalah pentingnya yaitu usahakanlah untuk mengkhatam Al Quran selama sebulan penuh di Bulan Ramadhan 1438 H. Hal ini juga penting bagi pegawai Kementerian Agama untuk menjadi panutan masyarakat dengan mengisi Bulan Ramadhan ini dengan membaca Al Quran, “ harap dan tutup Ahmad Supardi pada kesempatan wawancara ini. (nvm/adi)

 

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya