Jumat, 21 April 2017, 22:46

Momen Isra Mi'raj, Kakanwil Resmikan Masjid Nurul Ikhlas Rimba Jaya

Pekanbaru (Inmas) - Kakanwil Drs H Ahmad Supardi MA, Jum'at (20/04) meresmikan Masjid Nurul Ikhlas di Desa Rimba Jaya, Rohul. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kakanwil bersama Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Riau H Darwison MA dan disaksikan oleh Camat Kec. Pagaran Tapah Darussalam, dan tamu undangan.

Turut hadir pada peresmian tersebut, Kepala Kankemenag Rohul yang diwakili oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Ketua baznas Rohul beserta rombongan, Kepala KUA Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam, Kades Rimba Jaya, pengurus PHBI Rimba Jaya, Pengurus Masjid, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan pimpinan Pondok Pesantren Darul Quran Darussalam, dan ratusan undangan yang membanjiri masjid hingga halaman masjid.

Diawal sambutan dan tausiyahnya bapak dari tiga orang putera ini mengungkapkan rasa sangat bangga bisa menghadiri sekaligus meresmikan Masjid Nurul Ikhlas yang cukup megah tersebut, sekaligus menyampaikan permintaan maaf tidak bisa memenuhi permintaan sebagai khatib seperti yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Bicara tentang makna Isra' Mi'raj, menurutnya secara khusus seperti yang telah dituangkan firman Allah dalam Alquran. Dimana ayat tersebut dimulai dengan kata kata subhanallah, yang artinya Maha suci Allah. Sesuai dengan tafsir Alquran menurut para ahli, setiap ayat yang dimulai dengan kata kata subhanallah itu berarti apapun pesan yang disampaikan oleh Allah SWT, apapun cerita dan kisah yang disampaikan Allah adalah kisah kisah yang sangat penting. Artinya kegiatan Isra mi'raj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw, merupakan peristiwa spektakuler yang menggoncangkan dunia pada saat itu.

Dikatakannya bahwa kata kunci dari Isra Mi'raj tersebut adalah asra yang maknanya diperjalankannya Rasulullah. Isra merupakan kisah perjalanan Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha di Yerussalem. Sedangkan Mi'raj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha dalam waktu sehari semalam.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita sebagai umat Islam dapat mengambil hikmah yang sarat dengan pengetahuan dan pembelajaran dalam kehidupan. "Hidup kita memang seharusnya dari masjid ke masjid, dan saat ini alhamdulillah kita sudah bangun masjid", ucapnya. "Sangat megah untuk ukuran desa ini sudah luar biasa", ucap Ahmad menunjukkan kekaguman nya terhadap design masjid tersebut.

Lebih jauh ia menguraikan hal yang paling utama seperti yang diajarkan Rasulullah yang wajib dilakukan umat Islam adalah membangun masjid dan memalingkan muka ke arah masjid. Bagi yang membangun masjid Allah janjikan rumah untuknya di surga nanti, terang Ahmad penuh semangat. Begitu juga dengan adanya masjid, bisa menampung jamaah yang ingin beribadah sholat jamaah dimasjid. Apalagi, lanjutnya sholat jamaah jauh lebih utama ketimbang sholat sendiri. Artinya dengan berjamaah umat Islam harus bersatu, harus menjalin ukhuwah Islamiyyah, harus bersilaturrahim, pesannya.

Sebelumnya camat Abdul Haris Nasution mengungkapkan, rasa bangga dengan kehadiran Kakanwil beserta rombongan. Diawal sambutan nya ia mengajak masyarakat untuk bersama sama membangun dan memakmurkan masjid. Jika masjid yang kita bangun hanya berupa bangunan indah dan megah saja, tapi tidak kita upayakan untuk memakmurkannya, tidak kita isi dengan jamaah, itu percuma. Untuk itu, kita bangun masjid ini dan mari kita maksudkan, pesannya.

Selain itu yang tak kalah penting, Nasution menghimbau masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan. "Jika kita pecah, tidak akan bisa menciptakan kekuatan, jika kita bersatu insyaallah kita bisa membangun dan mengembangkan masjid ini kedepan. Karena masjid menurutnya merupakan pusat dari segala jenis kegiatan syi'ar Islam ditengah masyarakat. Lebih dari itu ia mengingatkan agar segala hal positif yang di dapatkan dalam kegiatan dimasjid, bisa diimplementasikan dalam sikap dan perbuatan sehari hari.

Sebagai informasi, acara yang diawali dengan penampilan shalawat dari kelompok remaja masjid tersebut dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dan diawali makan bersama. Warga yang telah datang di sekitar masjid Nurul Ikhlas terlihat riuh menyambut kedatangan Kakanwil beserta rombongan.(vera)

Berita Lainnya
Kamis, 27 April 2017, 11:04

Ahmad Supardi: Majukan Dunia Islam dengan Berfikir dan Berzikir

Kamis, 27 April 2017, 10:34

Kakanwil Hadiri HAUL ke- 66 Syekh Abbas di Madrasah Suluk Hidayatussalikin

Senin, 17 April 2017, 15:06

Kakanwil Hadiri Pembukaan Porsenap dan MTQ Napi se Riau

Senin, 17 April 2017, 11:55

Kakanwil Narasumber Seminar Nasional tentang Kepemimpinan Masa Depan

Selasa, 11 April 2017, 15:29

Kakanwil Koordinasi Rencana Kunjungan Menteri Agama ke Riau