Tabligh Akbar di Panipahan, Kakanwil Ingatkan Betapa Dahsyatnya Silaturrahim

Ditulis Oleh imus Selasa, 28 Maret 2017, 18:20

Panipahan, Rokan Hilir (Inmas)- Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Prov Riau, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, ketika melakukan kunjungan kerja di Kec Pasir Limau Kapas Kab Rokan Hilir, dengan menempuh perjalanan 7 jam naik mobil dan 2 jam naik speed boat ini, adalah melakukan Tabligh Akbar bersama masyarakat dan umat Islam Panipahan, Kamis (23/3/2017), bertempat di Masjid Raya An Nur Panipahan, masjid besar dan  terbesar di Kec Pasir Limau Kapas.

Hadir pada kesempatan itu, H Rusli Efendy SAg, SE, MPd, yang adalah Sekjen Masjid Istiqlal Jakarta yang juga tokoh masyarakat Riau di Jakarta asal Pasir Limau Kapas. Hadir juga Bupati Rohil yang diwakili Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra, Camat Tembilahan H Idris, Anggota DPRD Riau Dapil Rohil Chuzaimi, dua orang snggota DPRD Rohil, Kakan Kemenag Rohil H Agustiar, tokoh agama, tokkoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pendidikan, Ketua MUI Palika, dan ratusan umat Islam Panipahan lainnya.

Ahmad Supardi dalam ceramahnya, menyampaikan betapa pentingnya silaturrahim dalam hidup dan kehidupan umat manusia. Shilaturrahim adalah bahasa arab, terdiri dari dua kata, yakni Shilah dan Ar Rahim, artinya hubungan dan kasih sayang. Hubungan sesama umat islam sangat dekat, sehingga hubungan itu bersifat kasih sayang. Rahim dalam bahasa Indonesia juga dipakai sebagai nama bagi alat kelamin ibu ibu, tempat lahirnya anak manusia. Artinya adalah hubungan setempat kelahiran. Ini berarti bahwa hubungan itu sangat dekat, yskni hubungan setempat kelahiran.  

Ahmad Supardi yang sering disapa pak Ahmad ini, lebih lanjut menyatakan bahwa semua ajaran agama Islam bermuara pada shilaturrahim. Sebagai contoh, sholat lima waktu hendaknya dilaksanakan di Masjid dan berjamaah, padahal sholat di rumah dsn bersendiri juga shah. Hal ini menunjukkan bahwa ketika seseorang menghadap Allah SWT, harus juga bertemu dengan orang lain. Itu artinya adalah shilaturrahim. Selain terjalin hubungan vertical antara seorang hamba dengaan Tuhannya, harus juga terjalin hubungan horizontal dengan sesamanya. Hal ini juga bisa dilihat pada perintah puasa, dimana seseorang harus merasakan tidak makan dan tidak minum pada siang hari bulan Ramadhan.

"Hal ini memerintahkan kita, bukan hanya sekedar simpati pada penderitaan orang lain, tapi juga harus empati atau ikut merasakan bagaimana penderitaan orang lain yang tidak makan dan tidsk minum, sebagai akibat dari beratnya penderitaan hidup," jelasnya.

Ia menambahkan, hal yang sama juga bisa dilihat pada perintah zakat, dimana seseorang diwajibkan memberikan sebahagian harta miliknya kepada orang lain. Ini tentu supaya terjalin hubungan kasih sayang antara si kaya dengan si miskin. Hal yang sama juga terjadi pada pelaksanaan ibadah haji, dimana sekitar 4 juta umat Islam, berkumpul di tempat yang sama, dengan pakaian yang sama, beribadah yang sama, membaca zikir yang sama, dan di waktu yang sama, tetapi daerah, negara, etnis, warna kulit, bahasa yang berbeda beda.

"Hal ini tentunya dimaksudkan supaya terjlin shilaturrahin pada diri umat islam secara internasional. Berkaca pada penjelasan di atas, dapat disimpulkan betapa dahsyatnya shilaturrahim dam hidup dan kehidupan umat manusia, sampsi-sampai Nabi Muhammad SAW menyatakan bagi yang rajin shilaturrahim, akan mendspatkan tiga hal penting. Pertama, akan bertambah umurnya, (baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif dalam bentuk keberkahan). Kedua, akan dimudahkan dan bertambah serta diluaskan rezekinya. Ketiga, akan dihindarkan dari kematian yang buruk," terang mantan Kakankemenag Rokan Hulu ini.

Pada hadits lain juga disebutkan, tambah Ahmad Supardi, dengan silaturrahim akan selalu dikenang dan terukir namanya di hati orang lain, serta akan disebut sebut orang lain. Oleh karena itu, Kakanwil mengajak seluruh umat untuk senantiasa meningkatkan dan menjalin hubungan shilaturrahim, khususnya pada ketika ada hubungan yang rusak atau terputus sama sekali. (ash/e-m)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya