Pembinaan Pengurus Rumah Ibadah di Lingkungan Agama Budha

Ditulis Oleh belen Selasa, 21 Maret 2017, 09:54

Pekanbaru – (Inmas)-  Perkembangan agama sangat ditentukan oleh Rumah Ibadah, ucap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Drs.Ahmad Supardi,MA didampingi oleh Pembimbing Masyarakat Budha, Tarjoko,S.Pd.MM pada Penutupan  Kegiatan Pengurus Rumah ibadah agama Budha yang dihadiri oleh 60 Orang Pengurus rumah ibadah dari 308 rumah ibadah yang ada tersebar di 12 Kabupaten /Kota  se - Provinsi Riau, yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 18-20 Maret 2017 di Royal Asnof  Hotel .

Dalam catatan sejarah  agama apapun sangat ditentukan oleh rumah ibadahnya. Di Budha contohnya ada Candi Borobudur  yang mana itu merupakan peninggalan umat budha dan melambangkan kejayaan agama Budha dan itu merupakan simbol dari keberadaan sebuah agama.

Rumah ibadah mempunyai dua Fungsi yang sangat besar:

1.Sebagai Pusat Ibadah

Semua agama Pasti punya rumah ibadah dan dilaksanakan di Rumah ibadah sekalipun dirumahnya sendiri sah dilakukan , akan tetapi harus wajib dilakukan dirumah ibadah karena Itu ajaran agama. Sehingga rumah ibadah harus mempunyai  daya tarik.

2.Sebagai Pusat Pembinaan Umat/Pemberdayaan

Ketika  orang datang ke rumah ibadah, bukan hanya dia sekedar beribadah , minimal mereka harus bisa mendapat ilmu.menciptakan magnet baru di rumah ibadah.

Jika kedua hal ini bisa dilaksanakan maka  rumah ibadah menjadi pusat peradaban umat, jadi kemajuan umat bisa  kelihatan pada rumah ibadah.

Menurut Tarjoko dalam agama budha  menjadi pendeta/Pandita tergantungan dari ketekatan  dan Kesuciannya minimal tingkat moralnya lebih bagus dan yang bisa menilai adalah pimpinan seniornya dan masyarakat setempat.

Ahmad Supardi berharap  Kualitas dan Kualifikasi Para pengurus rumah ibadah bisa bertambah sehingga nantinya rumah ibadah bisa diciptakan sebagai Pusat peradaban Umat. Sehingga Peningkatan kualitas kehidupan beragama pasti naik,kerukunan umat beragama pasti naik,pendidikan agama dan keagamaan kita juga pasti naik karna Rumah Ibadah berfungsi sebagai pusat pendidikan. (Belen/Anto).

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya