80 Guru Ikut Asesmen Kepala Madrasah

Ditulis Oleh imus Senin, 20 Maret 2017, 10:01

Pekanbaru (Inmas)- Sebanyak 80 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Riau ikut Asesmen Kepala Madrasah, baik tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), Senin (20/3/2017) di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Riau.

Kakanwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi MA didampingi Kabid Pendidikan Madrasah H Asmuni MA, dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan Asesmen Kepala Madrasah menyebutkan, asesmen kepala madrasah bertujuan untuk memperoleh calon kepala madrasah yang memenuhi persyaratan administratif dan akademik dalam rangka terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah dijadikan acuan bagi pengembangan kompetensi kepala sekolah/madrasah. Dengan standar tersebut diharapkan seluruh kepala madrasah di Indonesia khususnya di Provinsi Riau memiliki kompetensi yang layak sebagai kepala madrasah.

"Kita berupaya melakukan penataan sistem rekrutmen kepala madrasah agar para kepala madrasah dapat memenuhi kompetensi seperti yang diharapkan," ungkapnya.

Ditambahkan Kabid Penmad Asmuni, pelaksanaan Asesment Kepala Madrasah untuk calon kepala MI, MTs dan MA se Riau dilaksanakan oleh Bidang Penmad Kemenag Riau bekerjasama dengan Biro Konsultasi Psikologi Harmoni Fakultas Psikologi UIN Suska Riau Menurutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 tahun 2014 tentang Kepala Madrasah, bahwa kepala madrasah wajib memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

"Kepala madrasah harus memiliki manajerial sekolah yang baik, sehingga bisa mengayomi semua yang ada di Madrasah, baik dari segi pendidikan pada siswa siswinya maupun kesejahteraan guru- guru," ujarnya singkat.

Untuk mendapatkan semua itu, Ketua Biro Konsultasi Psikologi Harmoni Fakultas Psikologi UIN Suska Riau, Indah Puji Ratnani S P SI, MA, mengatakan, pemerintah telah menetapkan tahapan seleksi untuk kepala madrasah. Untuk Asesmen Kepala Madrasah di Kemenag Riau, pelaksanaan tes meliputi Tes Kompetensi Dasar, yaitu tes tertulis dan wawancara. “Hari pertama kita lakukan psikotes tertulis, dan besok kita akan melakukan tes wawancara,” ujarnya singkat. (mus)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya