Kamis, 23 Februari 2012, 10:00 –
Memanfaatkan Limbah Lemon dan Bubuk Kopi untuk Energi

Kampar (Humas)- Kalau seandainya setiap komponen bangsa sadar akan lingkungan di sekitarnya, mungkin permasalahan sampah yang tengah dihadapi oleh kota- kota besar khususnya atau semua pada umumnya, tidak akan menjadikan momok yang menakutkan.

Kakan Kemenag Kampar, Drs H Fairus MA, Kamis (23/2) mengatakan, permasalahan limbah sebenarnya dapat ditangani mulai dari lingkungan terkecil, yaitu sekolah/ rumah tangga dengan cara memanpaatkan sampah rumah tangga untuk dijadikan energi, seperti yang dilakukan oleh MAN Kampar.

“Ini perlu adanya kepekaan guru sebagai pendidik serta siswa untuk memanfaatkan limbah tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas,” ungkapnya.

Sebelumnya, siswa MAN Kampar menpresentasikan serta mendemontrasikan hasil karya dibidang ilmiah berupa pemanfaatan bahan-bahan limbah rumah tangga dengan judul “Pembuatan Lokomotif Listrik Dari Lemon Dan Limbah Bubuk Kopi Oleh Nurziana Kelas XII IPA 1. Baterai Dari Kulit Durian Oleh Siska Pratiwi & Jonevi Adrian Kelas XI IPA 1 serta Pembuatan Bahan Bakar Biodiesel Dari Limbah Minyak Jelantah” oleh Refni Aulia Kelas XII IPA 1.

Acara tersebut disaksikan langsung oleh Kanwil Kemenag Propinsi Riau Drs H Asyari Nur SH MM, Kabid Mapenda Propinsi Riau Drs. H. Tarmizi MA , Kankemenag Kampar, Drs H Fairus MA, Kasubag TU kemenag Kab. Kampar H. Muhammad Hakam MA, Kasi Mapendais Drs. H. Dalisar, kepala Madrasah Aliyah se-KKM MAN Kampar serta guru-guru dan siswa/i MAN Kampar, pada kunjungan kerja Kakanwil Kemenag Riau, Selasa (21/2) kemarin. (uts kampar)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.013449 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1105851
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.