Rabu, 15 Februari 2012, 15:41 –
Siswa MAN Kampar Jadikan Kulit Durian Sebagai Energi Alternatif

Kampar (Humas)- Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh pelajar MAN Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau, ternyata kulit buah durian dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif.

Kankemenag Kampar, Drs H Fairus MA, Selasa (14/2) menyebutkan, apa yang dilakukan oleh MAN Kampar bukanlah merupakan suatu hal yang baru, tapi dengan adanya penemuan ini dapat memotivasi pelajar-pelajar lain untuk bisa lebih berprestasi dan berinovasi lagi khususnya buat Madrasah.

Proses pembuatannya kulit luar durian yang penuh duri dipisahkan dari bagian dalam yang berwarna putih. Setelah itu, kulit bagian dalam tersebut dipotong kecil dan ditumbuk halus. Kemudian, didiamkan selama beberapa menit. Sambil menunggu hasil tumbukan agak kering, dipilih baterai kering yang sudah tidak terpakai. Buang kulit luar pembungkus baterai. Setelah itu, buka penutup atas baterai. Setelah itu,buang isi baterai yang berupa serbuk berwarna hitam (pasta). Serbuk warna hitam ini memiliki kandungan manga, besi, karbon dan tembaga yang nantinya diganti dengan serbuk dari kulit Durian.

Baterai hasil olahan ini mampu menghidupkan bola lampu ukuran kecil. Kandunan energi baterai ini mampu bertahan hingga lima hari,dan menghasilkan tegangan sebesar 1,25 volt.Dari hasil penelitian dan pembuatan makalah, maka dapat disimpulkan bahwa: kulit durian bisa menghasilkan listrik dengan tegangan sebesar 1,25 volt dan mampu bertahan selama 5 hari. Semakin banyak kulit durian maka semakin besar pula tegangan dan arus yang dihasilkan Untuk membuat listrik dari kulit durian ini tidak terlalu rumit dan tidak mahal, hanya memanfaatkan kulit durian dan baterai bekas.

Disamping ada beberapa penemuan dibidang sain yang sudah di teliti oleh siswa-siswi MAN Kampar telah melahirkan beberapa orang tahfiz 1 Juz, 2 juz s/d 5 Juz. Dengan hal tersebut Kasi Mapendais Kampar menyampaikan kepada pimpinan Pondok agar jangan nantinya kehilangan jati diri sebagai pondok. (yudi)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.656002 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 1074025
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.