Senin, 7 November 2011 – Haji
Lempar Jumrah Lewat Tengah Malam

Makkah (Humas)- Saat ini jamaah haji sudah selesai melakukan wukuf di Padang Arafah, yang merupakan prosesi puncak dari ibadah haji. Dengan pakaian serba putih jamaah mulai bergerak menuju Kota Mina untuk melaksanakan jumarat/ melempar jumrah sebanyak 21 batu ke tiga tugu setinggi 25 meter sebagai perlambang melawan syeitan yang mengganggu manusia.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Prov. Riau, Drs H Asyari Nur SH MM yang tergabung dalam kloter 9 Embarkasi Batam (BTH), Senin (7/11) melalui via selulernya, terjadi berubahan jadwal jumarat bagi beberapa kloter jamaah haji Riau.

“Biasanya untuk melempar jumarat di Mina pada 10 dan 11 Dzulhijjah biasanya setelah zuhur, tapi sekarang pada umumnya lewat tengah malam, akibatnya banyak jamaah yang protes,” jelas Asyari Nur.

Selain itu, permasalahan yang juga banyak dihadapi oleh jamaah Riau adanya kebijakan makhtab yang berubah- ubah, skibatnya menimbulkan protes dari ketua kelompok/ ketua kloter.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi selaku Penanggung Jawab Satops Armina Syairozi Dimyathi mengatakan, selama di Mina jamaah sebaiknya tidak melempar jumrah pada waktu-waktu yang dilarang bagi jamaah Indonesia, yaitu pada tanggal 10 Zulhijah (6 November) pukul 08.00-11.00 waktu Arab Saudi (WAS). Juga tanggal 11 Zulhijah (7 November) pukul 11.00-15.00 WAS, tanggal 12 Zulhijah (8 November) pukul 11.00-15.00 WAS, serta tanggal 13 Zulhijah (9 November) pukul 11.00-15.00 WAS.

“Saya sudah membuat edaran mengenai imbauan dan persiapan Armina untuk bisa dibaca oleh para jamaah dan edaran sudah disampaikan kepada kepala sektor dan ketua regu,” katanya.

Dia mengimbau juga agar para jamaah melaksanakan lempar jumrah tidak pergi sendirian, tapi secara berombongan dan sebaiknya menghindari waktu panas matahri. Jika jamaah terpisah dari rombongan dan kebingungan, katanya, bertanyalah kepada para petugas yang berada di lapangan dengan ciri-ciri pakaian biru menggunakan tanda pengenal dan membawa Bendera Merah Putih.(msd/ pinmas)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.051275 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 683378
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.