Kamis, 6 Oktober 2011 –
Peningkatan Kinerja Keuangan Yang Bersih dengan Multi DIPA

Surabaya (Humas) – Subbag Keuangan dan IKN melakukan perjalanan dinas dengan maksud melaksanakan Orientasi Lapangan Tentang Perbendaharaan dan Pelaksanaan Multi DIPA di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Orientasi ini dilaksanakan di Aula Rapat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Jl. Jalan Raya Juanda II Surabaya pada tanggal 30 September 2011.

Pertemuan kegiatan orientasi ini dipimpin oleh Kabid Penamas, H.M. Saman, M.Si dan diikuti oleh pejabat dan pegawai Kanwil Kemenag Provinsi Riau beserta Kankemenag dan pegawai Kankemenag Kab/kota se-Prov. Riau yang memiliki wewenang sebagai KPA, Bendahara Pengeluaran, dan Bendahara Pengeluaran Pembantu yang berjumlah 89 orang. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang sharing atau dengar pendapat dari KPA, BP, dan BPP dalam mengelola keuangan atau anggaran DIPA yang dilaksanakan di Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur.

Sebagaimana yang kita ketahui, Kanwil Kemenag Jatim merupakan Kanwil yang memiliki satker terbanyak di Indonesia yaitu berjumlah 466 satker dan beranggarkan multi DIPA. Akan tetapi, Kanwil Kemenag Prov. Jatim tercatat sebagai kanwil yang pembukuan anggarannya terbaik dan rapi karena minim nya temuan hasil audit yang dilakukan oleh BPK dan Itjen. Karena hal tersebutlah, Subbag Keuangan dan IKN Kanwil Kemenag Prov. Riau ingin berbagi ilmu dan mempelajari sistem administrasi yang dilakukan oleh Subbag Keuangan dan IKN Kanwil Kemenag Prov. Jatim agar dapat meminimalisasikan temuan hasil audit yang akan datang.

“Audit yang dilakukan oleh BPK dan Itjen merupakan sarana kita untuk interospeksi kinerja kita selama setahun anggaran DIPA dan pada tahun ini merupakan penggunaan anggaran multi DIPA yang merupakan barang baru untuk kita praktekkan. Pastinya ada pro dan kontra terhadap multi DIPA ini karena kita semua harus beradaptasi kembali terhadap peraturan-peraturan baru dan sistem yang baru. Maka dari itu, kami ingin sharing dengan Kanwil Kemenag Prov Jatim agar kami mengetahui kinerja keuangan dengan benar”, papar Saman.

Dia juga menambahkan bahwa kunjungan ini juga sekaligus mempererat tali silahturahim diantara keluarga besar Kementerian Agama. Sehingga sesama pegawai di Kementerian Agama dapat saling mengenal satu sama lain dan tidak merasa asing.

Pertemuan yang bersahabat ini memberikan manfaat dan pengetahuan dengan luas tidak hanya mengenai sistem pengerjaan keuangan atau anggaran akan tetapi, kita dapat belajar mengenai nila-nilai positif yang ada pada Kanwil Kemenag Prov. Jatim dan Riau. sehingga diharapkan nila-nilai positif ini dapat diterapkan di Kemenag masing-masing dan memberikan perubahan yang baik dan berarti bagi masing Kemenag.

Pada akhir kegiatan ini, Kanwil Kemenag Prov. Riau dan kanwil Kemenag Prov. Jatim sama-sama memberikan cinderamata agar sama-sama selalu mengingat dan mengenang kegiatan orientasi lapangan ini. Berharap kegiatan seperti ini tidak hanya sampai disini tapi bisa dilanjutkan ke daerah lain agar tali silaturahmi yang terjalin semakin erat dan dapat mengenal pegawai Kementerian Agama di seluruh Indonesia. (nvm)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.055612 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 695382
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.