Jumat, 29 April 2011, 11:00 –
Kemenag Seleksi Calon Peserta PBSB 2011/ 2012

Pekanbaru (Humas)- Bidang Pekapontren Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Riau melakukan seleksi peserta program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2011. Penyeleksian tersebut akan berlangsung pada 2- 5 Mei 2011 di Hotel Mutiara Merdeka Jalan Yos Sudarso Pekanbaru.

Kepala Bidang Pekapontren, Drs H Abdul Muis, melalui Kasi Pengembangan Santri Bidang Pekapontren Kanwil Kemenag Riau, Herra Firmansyah S Ag, Jumat (29/4) mengatakan, penyeleksian peserta PBSB tahun 2011 merupakan program Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam cq. Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri favorit di Indonesia.

“Ada 12 perguruan tinggi yang menjadi pilihan para peserta POBSB, yaitu Universitas Gajah Mada, UIN HIdayatullah Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Walisongo Semarang, UIN Malik Ibrahim Malang, IPB Bogor, ITS Surabaya, UNAIR Surabaya, ITB, Universitas Mataram, UPI Bandung, dan UI. Program ini terbuka untuk santri- santri berprestasi kelas 3 Madrasah Aliyah sederajat untuk mengikuti tes calon mahasiswa program S1,” jelas Herra.

Herra mengatakan, proses penyeleksian calon peserta PBSB tahun 2011/2012 ada beberapa tahapan. Pada 2- 5 Mei 2011 merupakan tahap pembekalan dan tes calon peserta PBSB. “Dari tanggal 2 – 3 Mei 2011 merupakan tahap pembekalan dengan memberikan materi- materi yang berkaitan dengan PBSB, kemudian pada 3-5 Mei 2011 merupakan kegiatan seleksi atau tes bagi peserta PBSB,” terangnya.

Program PBSB merupakan prgram pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri berprestasi, yang telah dinyatakan lulus dan memenuhi syarat untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi yang telah menjalin kerjasama dengan Kemenag RI.

Dimana program ini bertujuan untuk menjaring santri yang memiliki kemampuan akademik, kematangan pribadi, kamampuan penalaran, dan potensi untuk dapat mengikuti program pendidikan. dengan sasaran utama adalah santri terbaik tingkat akhir pada pondok pesantren.

“Untuk mencapai tujuan PBSB, santri peserta program diberikan rangkaian proses pembinaan, mulai dari pembinaan pra studi, masa studi dan pasca studi. Proses tersebut dilakukan untuk meneguhkan komitmen kepribadian santri peserta PBSB pada pondok pesantren, memberdayakan dan meningkatkan peran santri dibidang sosial kemasyarakatan, dan meningkatkan mutu hubungan kemitraan antara paondok pesantren dengan lembaga pendidikan tinggi sebagaipusat unggulan pendidikan dan IPTEK,” pungkasnya. (msd)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.077224 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1112316
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.