Rabu, 19 Januari 2011, 12:00 – Haji
Minimalisir Permasalahan, Kemenag Riau Undang 10 Perusahaan Travel Haji dan Umrah

Pekanbaru (Humas)- Seiring meningkatnya minat masyarakat Muslim Indonesia khususnya di Riau untuk menyelenggarakan ibadah umrah dan haji otomatis akan mempengaruhi jumlah perusahaan yang bergerak dibidang tour dan travel haji dan umrah. Namun hingga saat ini masih banyak travel haji dan umrah yang tidak memiliki izin usaha, namun aktif memberangkatkan jamaah ke Tanah Suci. Akibatnya, merugikan calon jamaah dan merusak citra biro perjalanan haji dan umrah yang memiliki perizinan resmi.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Riau, Drs H Asyari Nur SH MM, Rabu (19/1) di ruang kerjanya mengatakan, pada Jumat 21 Januari 2011 akan undangan travel penyelenggaraan haji dan umrah yang ada di Riau untuk melakukan koordinasi sekaligus pendataan travel penyelenggara haji dan umrah khususnya yang beroperasi di Riau, baik itu perusahaan indum maupun cabang dari perusahaan lainnya yang ada di pusat.

“Dalam rangka meminimalisir permasalahan yang ditimbulkan oleh travel penyelenggara haji plus dan umrah yang tidak bertanggungjawab di Provinsi Riau, kita akan mengundang 10 perusahaan travel haji dan umrah yang ada di Riau. Dalam pertemuan tersebut kita akan melakukan koordinasi sekaligus mendata travel penyelenggara haji dan umrah khususnya yang beroperasi di Riau, baik itu perusahaan induk maupun perusahaan anak cabang dari perusahaan di pusat,” terangnya.

Menurutnya, beberapa tahun belakangan khususnya pada tahun 2010 lalu, banyak terjadi permasalahan dalam penyelenggaraan haji dan umrah, khususnya haji plus oleh travel penyelenggara haji dan umrah di Riau. Akibatnya, banyak masyarakat yang dirugikan dengan setoran yang sangat besar tapi gagal melaksanakan haji karena pihak travel tidak bertanggungjawab dengan hanya memberikan janji-janji palsu kepada calon jamaah. Untuk itulah, koordinasi dan pendataan merupakan salah satu upaya menindaklanjuti permasalahan tersebut sekaligus mengantisipasi agar peristiwa serupa tidak lagi menimpa masyarakat yang ingin melaksanakan haji.

Pada tahun 2010 puluhan calon jamaah haji plus terlantar dan gagal berangkat akibat ulah pengelenggara haji yang tidak bertanggungjawab. Padahal puluhan JCH Riau dari beberapa daerah tersebut, seperti Indragiri Hilir, Rokan Hulu, dan Pekanbaru sudah menyetor biaya haji Rp70-75 Juta. Kondisi tersebut sangat merugikan JCH bukan hanya secar materil tapi juga waktu.

“Data JCH Riau yang masuk pada pemberangkatan khusus (haji plus) kuota maupun non kuota tidak kita diketahui pasti. Karena proses pemberangkatan JCH Plus kuota maupun non kuota langsung ditangani Badan Penyelenggarah Ibadah Haji (BPIH) Kemenag RI bekerjasama dengan Biro Perjalanan yang ada di Indonesia. Apalagi, travel haji yang beroperasi di Riau tidak mengurus perizinan melalui kita, padahal secara prosedur sebelum beroperasi mereka harus mengurus izin melalui Kanwil Kemenag,” sesalnya.

Untuk itu, kata Asyari, melalui rapat koordinasi yang akan digelar pada Jumat (21/1) akan didapatkan informasi tentang travel haji dan umrah yang beroperasi di Riau. Termasuk pengurusan perizinan, karena hingga saat ini perusahaan travel haji dan umrah yang terdaftar di Kanwil Kemenag Riau hanya dua, yaitu PT Muhibbah Mulia Wisata dan PT Mulia Nur Madina. Yang dalam proses pengurusan perizinan yaitu PT Hamka Giat Tour dan Travel.

“Dalam Undang-Undang No 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, ditegaskan bahwa penyelenggara haji yang bisa memberangkatkan jamaah adalah travel yang mendapatkan izin dari Kementerian Agama. Jika tidak melalui prosedur yang ada, berarti travel tersebut melanggar UU atau ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” tegasnya. (msd)

10 Perusahaan Travel Haji dan Umrah yang diundang:

1. PT Mulia Nur Madinah Jl. Nenas No. 66 Pekanbaru2. PT Safari Taqwa Jl. Paus No. 2 D Pekanbaru3. Silver Tour dan Travel Jl. Kaharuddin Nasution No. 77 Simpang Tiga Pekanbaru4. Sekapur Sirih Travel Jl. Khairul Anwar/ Jl. Patimura No. 2 Pekanbaru5. Afqarey Travel n Tour Jl. Soebrantas No. 73 Pekanbaru6. PT Muhibbah Mulia Wisata Jl. Kartini No. 1 Pekanbaru7. PT Nur Ramadhan Jl. Puyu Mas Tangkerang Pekanbaru8. PT Zulindo Jl. Sudirman Pekanbaru9. Patria Tour & Travel Jl. Ahmad Yani Pekanbaru10. PT Assalam Jl. Hang Tuah Pekanbaru.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.932111 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 1057941
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.