Rabu, 12 Januari 2011, 12:00 –
KKG SD/ MI Mapel Akidah dan Bahasa Arab se Rohil Gelar Pertemuan

Pekanbaru (Humas)- Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mata pelajaran (mapel) Akidah Akhlak dan Bahasa Arab se Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di Madrasah Ibtidaiyah Khubbul Wathan pekan lalu. Acara yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka Kankemenag) Kabupaten Rohil, Drs H Agustiar, diikuti oleh 80 orang lebih guru SD dan MI Rohil.

Ka Kankemenag Rohil dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya pertemuan KKG SD dan MI untuk mata pelajaran Akidah Ahklak dan Bahasa Arab dalam rangka silaturrahmi sekaligus untuk mengingkatkan profesional bagi guru SD, MI maupun SDLB di tingkat kecamatan yang ada di Rohil.

“Diharapkan dengan adanya pertemuan ini para guru termotifasi dan dapat melaksanakan tugas dengan baik dengan pedoman pembelajaran yang terarah, sehingga tercapainya tujuan dari pembelajaran. Selain itu, melalui pertemuan ini akan lahir rumusan-rumusan kurikulum mejadi kurikulum tingkatan satuan pelajaran ke rencana program pengajaran dan silabus,” harap Agustiar.

Ia menegaskan, rumusan yang dilahirkan harus betul-betul mengacu pada kurikulum yang telah diprogramkan oleh pemerintah, sehingga hasil yang dicapai benar-benar tepat sasaran. Sehingga peningkatan mutu pendidikan di sekolah, khususnya pada sekolah madrasah dapat tercapai.

Menurutnya, pengembangan sumber daya manusia pendidik, khususnya pengembangan profesional guru, merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai petugas profesional. Pengembangan atau peningkatan kemampuan profesional harus bertolak pada kebutuhan atau permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 20 ayat (b) mengamanatkan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. “Pertemuan ini merupakan program tahunan yang akan terus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru di Rohil,” pungkasnya. (msd)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.130156 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.54
Jumlah pengunjung: 1180705
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.