Senin, 22 Maret 2010, 11:00 – Haji
Daftar Tunggu CJH Bengkalis Penuh Hingga 2017

Daftar tunggu Calon Jemaah Haji untuk Kabupaten Bengkalis telah terisi hingga tahun 2017. Berdasarkan data yang diperoleh dari Kantor Kemenag Bengkalis, jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) yang telah mendapat nomor porsi sebanyak 59.819 orang. Jika dibagi dengan kuota yang didapat Bengkalis setiap tahunnya, berarti sudah terisi hingga tahun 2017 mendatang. Kalau mendaftar sekarang, baru bisa berangkat tahun 2018 mendatang. Demikian penjelasan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis H. Rusli, Jumat (19/3) Untuk musim haji tahun ini, jumlah CJH asal Kabupaten Bengkalis diperkirakan 500 CJH. Jumlah ini sesuai kuota yang didapat Provinsi Riau sebanyak 33.627 orang. Setelah dibagi dengan kabuapten/kota yang ada, kita dapat jatah lebih kurang 500 orang. Kuota tersebut termasuk untuk Kabupaten Kepulauan Meranti, karena secara administrasi masih dibawah Kemenag Kabupaten Bengkalis. Jumlah CJH Meranti yang sudah mendapat nomor porsi berangkat tahun ini sebanyak 53 orang. Sementara untuk kabupaten Bengkalis sebanyak 447 orang. Jumlah ini biasa bertambah atau berkurang. Misalnya, ada CJH yang batal berangkat karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, jelas Rusli.

Keberangkatan CJH tahun ini dperkirakan Bulan Oktober. Saat ini Kemenag Bengkalis telah mempersiapkan segala sesuatu terkait keberangkatan tersebut. Pada 18 Februari lalu kami telah melakukan pembinaan kepada CJH dari 4 kecamatan di Bengkalis terkait persiapan menjelang keberangkatan. Rusli mengimbau CJH untuk mempersipakan segala sesuatunya, mulai dari administrasi hingga kesehatannya. CJH yang telah memiliki paspor yang namanya telah lengkap tiga kata, diharapkan memfotokopi halaman depan paspornya rangkap dua dan diserahkan ke Kemenag untuk didata. Sementara bagi yang belum memiliki paspor masih menunggu instruksi pusat. Dari aspek kesehatan, agar CJH melakukan medical chekup dan rajin melakukan olahraga ringan sehingga kondisi kesehatan fit saat keberangkatan.

Terkait perluasan BPIH, ujar Rusli, masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres) tentang besarnya biaya perjalanan haji. Kalau mengacu tahun lalu sebesar 3.376 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp35 juta, sementara untuk tahun ini belum tahu karena Keppresnya belum keluar. Sementara biaya domestik ditanggung oleh Pemkab Bengkalis.

Sedangkan untuk CJH Meranti biaya domestiknya belum diketahui apakah ditanggung masing-masing jamaah atau Pemkabnya, karena tidak lagi berada di bawah Kabupaten Bengkalis meski secara administrasi pendaftaran CJH masih di bawah Kantor Kemenag Kabupaten Bengkalis. Namun kita berharap Pemkab Meranti menanggung biaya domestik CJH seperti Pemkab Bengkalis, tambah Rusli lagi. (RM/an).

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.102003 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1145523
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.