Kamis, 21 Maret 2013 – Bidang Haji & Umroh
Hakam Serahkan Langsung Program Prioritas Ke Inspektorat Pemkab Kampar

Kampar (Humas) – Kementerian Agama Kab. Kampar melalui Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar H Muhammad Hakam MAg, menyerahkan langsung program prioritas dalam mewujudkan pilar pertama Kab. Kampar (Peningkatan akhlak dan Moral), hari Selasa (19/03) ke Kantor Inpektorat Pemerintahan Kabupaten Kampar. Penyerahan program prioritas tersebut langsung di terima oleh Kepala Kantor Inpektorat Pemerintahan Kabupaten Kampar H Helmi Syukra SH Mhum.

Hakam mengatakan, Penyerahan program prioritas ini dilakukannya sebagai bentuk keseriusan Kementerian Agama Kab. Kampar dalam mewujudkan pilar pertama pembangunan Kab. Kampar yakni Peningkatan Akhlak dan Moral. “Penyerahan program prioritas ini saya lakukan sebagai bentuk keseriusan Kementerian Agama Kab. Kampar dalam mewujudkan pilar pertama pembangunan Kab. Kampar” ungkap Hakam.

Lebih lanjut Hakam mengatakan, dengan diserahkannya program prioritas langsung kepada Kepala Inspektorat, mudah-mudahan seluruh program-program yang di usulkan oleh Kementerian Agama Kab. Kampar dapat diterima dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kab. Kampar. “Mudah-mudahan seluruh program-program yang kita usulkan, dapat diterima dengan baik oleh Bapak Bupati, dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat Kab. Kampar.

Adapun program-program prioritas yang diusulkan oleh Kementerian Agama Kab. Kampar meliputi Sertifikasi Tanah Wakaf Masjid, Penerbitan IMB Masjid, Insentive Imam/Gharim/Khatib, Orientasi pengurus Masjid, Operasional Kegiatan Remaja Masjid, dan Pembinaan majlis Taklim.

Sementara itu, program prioritas untuk pembinaan pengamalan syariah yakni : Orientasi Produk halal, Orientasi Hisab Rukyat dan Penentuan Arah Kiblat dan Orientasi Nazir Wakaf. program prioritas Untuk peningkatan Sumber Daya Guru dan tenaga Kependidikan meliputi Bantuan Guru TPP/Tenaga Kependidikan pada Madrasah (500 Orang), bantuan Guru Honor Komite pada Madrasah (2741 Orang), dan Bantuan Honor Guru Kontrak (26 Orang). program prioritas Untuk Peningkatan Sumber Daya Siswa meliputi Bantuan Kegiatan Expo Madrasah, Bantuan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional UAMBN (Madrasah Aliyah 1500 Orang, Madrasah Tsanawiyah 3200 Orang, dan Madrasah Ibtidaiyah 250 Orang).

Program prioritas Untuk Pembinaan Keluarga Sakinah meliputi Pelaksanaan Suscatin (Kursus Calon Pengantin) dan Sosialisasi Undang-undang Perkawinan bagi kepala Desa/Lurah. Program prioritas Untuk Peningkatan Sumber Daya Penyuluh Agama meliputi Orientasi dan Pembinaan Penyuluh Agama Honorer, Bantuan/Insentive Penyuluh Agama Honorer. Program prioritas Untuk Pembinaan Pondok Pesantren meliputi Bantuan Insentif guru Pondok Pesantren, Bantuan Operasional Pondok Pesantren, Bantuan Pelaksanaan MQK (Musabaqah Qiraatul Kutub), Bantuan POSPEDA, Bantuan Forum Kerjasama Pontren, dan Orientasi guru Kitab Kuning.

Program prioritas Untuk Pembinaan PDTA meliputi Bantuan Insentif guru PDTA, Bantuan Operasional PDTA, Bantuan Ujian Akhir PDTA, Bantuan Operasional FKDT, Bantuan PORSADIN, dan Bantuan Insentif Guru TPA/TPQ. Program prioritas Untuk Pembinaan dan Pelayanan Prima Terhadap JCH dan JH meliputi Bantuan biaya pemberangkatan dan pemulangan JCH, Bantuan biaya manasik haji tingkat Kabupaten, Bantuan biaya TPHD dan TKHD (4 Orang), Bantuan biaya domestik PKU-Batam (PP), Bantuan biaya pembangunan maket manasik haji di Kompleks Markaz Islamic Center, Bantuan pelatihan instruktur manasik haji dan Bantuan operasional IPHI.

Program prioritas Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Agama pada SD, SMP, SMA/K meliputi Pekan keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam Tingkat SD, SMP, SMA/SMK (Pentas PAI), Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI pada SD, SMP, SMA/SMK, Bantuan Labor ibadah (Rumah Ibadah) 21 Kecamatan dan Bantuan Penggandaan Al-Qur’an pada Sekolah (! Siswa 1 Al-Qur’an/114477 Buah).

Sedangkan Program prioritas Untuk Peningkatan kualitas Guru Pendidikan Agama Islam (GPAIS) Pada SD, SMP, SMA/SMK meliputi Pembinaan Rohis pada Tingkat SD, SMP, SMA/SMK, Pembinaan Guru Pendidikan Agama Islam (GPAIS) Pada Tingkat SD,SMP, SMA/SMK, Pembinaan KKG, MGMP, FKG Pendidikan Agama Islam (PAIS), dan Bantuan Operasional FKG, KKG, MGMP Pendidikan Agama Islam PAIS. (Ags)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.080484 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 700477
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.