Senin, 29 Oktober 2012, 16:02 –
Penting, Membangun Disiplin dan Kinerja PNS

Pekanbaru (Humas)- Membangun disiplin dan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) merupakan indikator yang sangat penting. Karena kondisi real saat ini sekitar 50 persen PNS belum produktif ditinjau dari aspek kelembagaan, kepegawaian, ketata laksanaan dan pengawasan.

Menurut Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenag RI, Maman Taufiqurrahman, saat memberikan pengarahan pada pembinaan PNS di Lingkungan Kanwil Kemenag Riau, Senin (29/10) di Aula Kanwil kemenag Riau, saat ini tuntutan masyarakat sangat tinggi, transparan, cepat dan tepat. Namun fenomenanya, pelayanan yang diberikan masih belum maksimal.

“Ada beberapa permasalahan birokrasi saat ini, tidak hanya di kementerian agama, juga terjadi di kementerian lainnya bahwa pola pikiri dan budaya kerja masih berpegang pada pola pikiri dan budaya kerja yang lama. Akuntabilitas pemerintah masih rendah, peraturan perudangan sudah lama dan tidak sesuai dengan kondisi aat ini. Pelayanan masyarakat belum memuaskan karena tidak semua memiliki SOP dan Manajemen SDM yang masih kurang tepat,” tegasnya.

Akibatnya, kata Maman, fakta yang muncul di lapangan sekitar 50 persen PNS belum produktif, disiplin kurang dan lain sebagainya. Untuk itu perlu dibuat SOP sehingga semua pegawai bisa bekerja sesuai standar, penegakan disiplin dengan teguran bagi yang lalai dan reward bagi yang berprestasi.

“Untuk disiplin memang perlu beberapa hal, seperti faktor kesadaran, keteladanan, motivasi dan pengakan peraturan. Kalau ini jalan maka tidak ada lagi PNS yang tidak produktif,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenag Riau, Drs H Tarmizi Tohor MA, juga menuturkan pentingnya peningkatan disiplin dan kinerja PNS. Untuk itulah, kehadiran Sekretaris Itjen Kemenag RI merupakan upaya pencerahan bagi PNS Kemenag Riau.

“Pembinaan PNS ini tidak hanya diikuti oleh pegawai di lingkungan Kemenag Riau, tapi juga oleh Kan Kemenag Kab/ Kota, Kepala Madrasah, KUA dan guru. Dengan harapan dapat menyerap langsung apa yang disampaikan oleh Sekretaris Itjen Kemenag RI tentang disiplin dan kinerja PNS,” jelas Kakanwil.

Lebih lanjut Tarmizi menggambarkan sedikit tentang Provinsi Riau dengan jumlah penduduk mencapai 5.774 jiwa yang tersebar di 10 Kabupaten dan 2 kota. Kemenag Riau sendiri terdiri dari 81 satker, dengan jumlah pegawai mencapai 4. 016 orang, dan non PNS 14.597 orang.

“Program kerja yang sedang berjalan saat ini diantaranya rencana pembangunan Madrasah Insan Cendikia, menggalakkan magrib mengaji, pembangunan asrama haji/ islamic center dan gencar melakukan pembangunan agama. Untuk itu, saya sangat mengharapkan dukungan semua pihak untuk mewujudkan semua program kerja ini,” pungkasnya. (mus)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.489557 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1112630
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.