Jumat, 19 Oktober 2012, 20:32 – Pendis & Madrasah
Seksi Pendis Kemenag Siak Sosialisasi BSM bagi Madrasah

Siak (Humas) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan kepada MI dan MTs maupun lembaga penyelenggara Wajar Dikdas setara MI dan MTs, hanya mampu mengurangi beban biaya pendidikan yang harus dikeluarkan masyarakat, tetapi tidak mampu untuk membebaskan seluruh biaya pendidikan, sehingga banyak siswa miskin yang tidak sanggup atau melanjutkan pendidikannya karena harus mengeluarkan biaya untuk buku, transportasi, seragam madrasah, sepatu, buku tulis atau biaya lainnya yang tidak dapat dipenuhi dari dana BOS. Sementara kita semua melihat bahwa mayoritas siswa madrasah berasal dari keluarga kurang mampu bahkan dapat dikategorikan miskin. Untuk mencegah terjadinya anak putus sekolah sekolah yang disebabkan faktor ketidakmampuan ekonomi dan sekaligus menarik anak usia sekolah yang tidak sekolah agar masuk sekolah serta dalam rangka pemberian akses yang lebih besar kepada kelompok masyarakat yang selama ini kurang terjangkau oleh pendidikan, Kementerian Agama melalui APBN menetapkan program “Bantuan Beasiswa Siswa Miskin” yang diberikan kepada sebagian siswa miskin di tingkat MI/MTs/MA, walaupun jumlah siswa yang mendapatkan bantuan ini masih sangat terbatas. Ujar Drs. H. Muharom Selaku Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak dalam sambutan pembukaan Sosialisasi BSM bagi Madrasah. Seksi Pendis sebagai seksi yang mengkordinir penyelenggaraan pendidikan Madrasah mempunyai tanggungjawab memberikan bimbingan agar BSM yang disalurkan tepat sasaran dan sesuai dengan Juknis yang telah ditetapkan.

Selujutnya beliau menambahkan “Dengan program Bantuan Beasiswa Siswa Miskin ini, diharapkan dapat membantu sebagian siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu/miskin di lingkungan madrasah dalam membiayai sebagian kebutuhan pendidikannya, sehingga dapat menyelesaikan pendidikannya, bahkan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak, Acara sosialisasi BSM bagi Madrasah dihadiri 30 Orang perwakilan Kepala MI,MTs dan MA se Kabupaten Siak. Salah seorang peserta Drs. Yusrizal menyampaikan kepada humas bahwa acara ini merupakan acuan bagi madrasah dalam mengelola BSM sehingga BSM yang disalurkan sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan. Kami berharap dalam pelaksanaannya selalu di bimbing dan diarahkan oleh kemenag Siak terutama dari Seksi Pendis.tutup beliau. (Andi)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.207526 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1145998
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.