Sabtu, 15 September 2012, 16:05 – Bidang Haji & Umroh
Kemenag Kab. Inhil Adakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Tembilahan (hukmas) Kantor Kemenag Kab. Inhil mengadakan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten, Sabtu (15/9) dimulai jam 8. Wib bertempat di Mesjid Agung Al-Huda Tembilahan.

Bimbingan manasik haji ini dilaksanakan selama 2 hari, mulai Sabtu 15 september 2012 sampai Ahad 16 september 2012. Acara ini dibuka oleh Bupati Inhil, yang diwakili H. Syafrinal Hedi, Asisten 2 bidang ekonomi dan pembangunan pemda kab.inhil. juga dihadiri H. M.Aziz Kabid Haji Kanwil Kemenag Riau, H.Azhari, Ka.Kemenag kab.Inhil, Ka.KUA Kecamatan se Inhil, beberapa orang Kasi yang ada di Kemenag Inhil dan sekitar 786 Jamaah haji untuk musim haji tahun ini, juga tidak ketinggallan para petugas haji yang telah ditunjuk oleh Pemerintah, seperti TPHI dan TPHD.

Informasi yang diperoleh dari ketua panitia H.Harun (Kasi haji di Kemenag Inhil) melalui jadwal acara bimbingan manasik haji bahwa kegiatan selama dua hari ini cukup padat, dimana hari Sabtu (15/9) acara dimulai jam 8 wib dan akan berakhir sekitar jam 17.15 wib dengan 4 orang nara sumber, sedangkan hari Ahad (16/9) acara dimulai jam 8 wib dan akan berakhir sekitar jam 15 wib dengan diisi 5 orang nara sumber. Masing-masing nara sumber akan menyampaikan 1 macam materi.

Adapun materi bimbingan manasik haji tingkat kabupaten tersebut antara lain: Hari Pertama terdiri dari 1. Kebijakan Pemerintah indonesia tentang Penyelenggaraan Haji, 2. manasik Haji dan Proses Pelaksanaan Ibadah Haji, 3. Tata cara Pelaksanaan Ibadah Haji, 4. Pengenalan Kondisi Budaya dan Alam Arab Saudi. Akhlakul Karimah, hak kewajiban dan adat istiadat serta budaya bangsa Arab. Hari Kedua terdiri dari 1. Pemantapan Ketua Rombongan dan Ketua Regu, 2. Peragaan dan Simulasi Perhajian, khusus materi ini akan disampaikan oleh 3 orang nara sumber, 3. Bimbingan Kesehatan selama di Arab Saudi.

Sedangkan nara sumbernya antara lain Drs H.M.Aziz, MM. MA Kabid Haji di Kanwil Kemenag Riau, Drs.H.Azhari, MA Ka.Kemenag Inhil, dan beberapa orang yang ahli dibidangnya masing-masing, antara lain Rusli KN, H.M.Effendi Lc, H. Harun S.Ag, H.Baihaqi, Drs.H.Kamaruddin MA, H.Saleh Habibi serta Kadis Kesehatan, (dalam hal ini belum diketahui secara pasti apakah langsung Kadis Kesehatan atau akan diwakili, nantinya dalam memberikan materi bimbingan manasik haji). Selain itu informasi yang diterima juga menyebutkan bahwa nantinya jamaah haji dari kab. Inhil ini akan diberangkatkan dari Mesjid Agung Al-Huda Tembilahan menuju bandara Tempuling, yang selanjutnya akan diterbangkan ke embarkasi haji di Batam. (yar)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.065340 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1150062
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.