Rabu, 30 Desember 2009, 12:00
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kampar: Drs. H. Fairus, MA

Alamat : Jl. DI Panjaitan Bangkinang Kab. Kampar Prov. Riau

Telepon : 0762-20228

Faximile : 0762-20228

Sebelumnya Kabupaten Kampar beribukota di Pekanbaru, walaupun sudah ada suara-suara dari tokoh masyarakat supaya Ibukota Kampar dapat sesegera mungkin dipindahkan dari Pekanbaru ke Bangkinang. Hal itu sudah mulai di perjuangkan oleh tokoh masyarakat, maupun Partai / Organisasi yang ada dalam Kabupaten Kampar tapi belum mendapat tanggapan.

Pekanbaru sebelum tahun 1967 menjadi Ibukota tiga Kepala Pemerintahan, yaitu Ibukota Propinsi Riau, Ibukota Pekanbaru, dan Kabupaten Kampar. Jadi ketika itu Bupati Kampar berkedudukan di Pekanbaru, begitu juga dinas / Instansi berkantor di Pekanbaru termasuk Kantor Kementerian Agama Kampar. Namun pada tahun 1967 Instansi Pemerintahan Kabupaten Kampar pindah ke Bangkinang, termasuk Kantor Kementerian Agama yang terdiri dari beberapa Inspeksi yang belum menyatu, yaitu Inpeksi Urusan Agama Kabupatem Kampar, Inpeksi Pendidikan Agama Kabupaten Kampar, dan Inpeksi Penerangan Agama Kabupaten Kampar.

Kemudian, pada tahun 1975 Inspeksi disatukan menjadi Kantor Perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Kampar, berdasarkan KMA no. 18 tahun 1975 yang dilengkapi dengan Seksi Urusan Agama Islam, Seksi Pendididkan Agama Islam, dan Seksi Penerangan Agama Islam.

Kementerian Agama Kabupaten Kampar terus berkembangan dengan pesat, pada saat ini Kankemenag Kampar dipimpin oleh Drs H Fairus MA yang memiliki 20 Kantor Urusan Agama (KUA), Kecamatan Bangkinang, Bangkinang Barat, XIII Koto Kampar, Tambang, Siak Hulu, Kampar, Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu, Kampar Kiri Hilir, Tapung, Tapung Hulu, Tapung Kiri, Bangkinang Seberang, Kec. Salo, Kampar Timur, Gunung Sahilan, Kampar Utara, Rumbio Jaya, Perhentian Raja, dan Kampar Kiri Tengah.

Hingga tahun 2011, di Kabupaten Kampar terdapat 13 Madrasah Negeri, 156 Madrasah Swasta dan yang telah terakreditasi sebanyak 100 madrasah. Adapun rincian keberadaan lembaga keagamaan tersebut terdiri dari 33 RA swasta, 1 MIN, 10 MIS, 9 MTsN, 68 MTsS, MAN 3 buah dan 45 MAS. Kesemuanya tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar.

VISI

Terwujudnya masyarakat Kabupaten Kampar yang taat menjalankan ajaran agama dan menjadikan agama sebagai landasan akhlak, moral dan etika. Menuju Kampar sebagai Serambi Mekah Propinsi Riau.

MISI
  1. Tewujudnya Aparatur Kementerian Agama Kab. Kampar yang bersih dan berwibawa melalui peningkatan kualitas Aparatur, sarana dan prasarana yang memadai.
  2. Meningkatkan pembinaan Keluarga Sakinah melalui pemahaman dan pengalaman agama dalam keluarga.
  3. Memberikan pelayanan prima dalam pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh melalui Pembinaan Menasik Haji dan Pasca Haji.
  4. Meningkatkan pelayanan pada Madrasah dan Pendididkan Islam pada Sekolah Umum melalui peningkatan SDM, sara dan prasarana belajar.
  5. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikankeagamaanmelalui peningkatan fungsi Pondok Pesantren dan pendidikan kemasyarakatan.
  6. Meningkatkan fungsi Mesjid / Mushallah dan penyiaran agama melalui peran serta masyarakat dalam kegiatan keagamaan, Hari Besar Keagamaan, MTQ dan Tamaddun.
  7. Peran serta dunia usaha dan pengumpulan Zakat
PROGRAM DAN PENCAPAIAN

Tingkat rata- rata pencapaian program kerja di Kankemenag Kampar mencapai 96 persen pertahun, seperti:

  1. Peningkatan efesiensi perencanaan dan pengendalian
  2. Peningkatan pelayanan SDM
  3. Peningkatan efesiensi dan efektifitas anggaran
  4. Peningkatan pelayanan administrasi dan sarana kantor
  5. Peningkatan pelayanan nikah dan rujuk (Kepenghuluan)
  6. Peningkatan pembinaan keluarga sakinah
  7. Peningkatan pangan halal
  8. Peningkatan pelayanan kemitraan umat Islam
  9. Peningkatan pelayanan ibadah sosial
  10. Peningkatan informasi haji
  11. Peningktan penyelenggraan haji dalam negeri
  12. Peningkatan pembinaan JCH
  13. Peningkatan pembinaan pasca haji
  14. Peningkatan penyeleggaraan pendidikan agama
  15. Peningkatan mutu pendidikan agama Islam pada madrasah dan GPAI
  16. Peningkatan tenaga guru
  17. Peningkatan supervisi dan pengawasan dan beberapa kegiatan lainnya.

BAGAN STRUKTUR KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KAB. KAMPAR

 

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.032277 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.54
Jumlah pengunjung: 1255562
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.