Rabu, 30 Desember 2009
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkalis: Drs. H. JumariAlamat : Jl. Kelapa Pati BengkalisTelepon : 0766-21051Faximile : 0766-22227

Sebagai bagian dari Institusi Pemeritah keberadaan Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis sangat dominan. Tahun 1976 Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis disebut dengan Perwakilan Kantor Kementerian Agama menenpati bangunan sederhana sebagai kantor yang terletak di Jalan Jendral Sudirman berhadapan dengan kantor telkom Bengkalis (sekarang Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis ). Pada tahun 1978 volume kerja Perwakilan kantor Kementerian Agama Bengkalis Meningkat drastis. Untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakata maka pada tahun 1978 tersebut Perwakilan Kantor Kementerian Agama mendapat secretariat yang lebih refresentatif di jalan Sulthan Syarif Qasim (sekarang menjadi panti Asuhan Dayang Darma Bengkalis).

Dalam perkembangan selanjutnya pada tahun 1982, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis melalui dana APBD dan APBN, maka dibangunlah Kantor Kementerian Agama yang permanen bertempat di jalan Kelapapati Darat sampai saat ini.

VISI

“Mewujudkan masyarakat Kabupaten Bengkalis yang taat menjalankan ajaran agama, memelihara kerukunan guna mewujudkan kesejahteraan yang tercermin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berwibawa pada tahun 2020”

MISI

1. Menciptakan Aparatur Negara Yang Bersih dan Berwibawa. 2. Menciptakan Masyarakat Yang Rukun, Damai, Makmur dan Sejahtera3. Menciptakan Agama Dan Keagamaan Yang Berkualitas.

Hal tersebut sejalan dengan Visi dan Misi pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bengkalis yaitu:

VISI
“Menjadi salah satu pusat perdagangan di Asia Tenggara dengan dukungan industri yang kuat dan sumberdaya manusia yang unggul, guna mewujutkan masyarakat sejahtera dan makmur tahun 2020”

MISI

1. Meningkat kualitas sumberdaya manusia yang menguasai Iptek dan memiliki Imtaq;2. Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya alam baik yang ada di daratan maupun di lautan guna mendukung industri dan perdagangan yang berbasis dan perdagangan yang bebasis pada rakyat dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian dan kesinambungannya;3. Mengembangkan industri dan pertanian secara terpadu; 4. membangun pusat-pusat pengembangan pemasangan produk, komoditi industri dan pertanian pada jalur –jalur yang trategis;5. Membuka isolasi daerah dan mengembangkan potensi sumberdaya alam melalui pembangunan infastruktur;6. Mengaktualisasikan nilai-nilai Budaya Melayu guna terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemerintah dan penbangunan; 7. Melaksanakan kerja sama Regional maupun internasional untuk menarik investasi dan memasarkan produk-produk daerah;8. membangun pemerintahan yang bersih, baik,adil, berwibawadan amanah (clean government and good governance).

Hal yang cukup menonjol di Kabupaten Bengkalis adalah, pesatnya pertumbuhan lembaga pendidikan keagamaan terbukti hingga tahun 2011 jumlah madrasah negeri 9 buah dan 201 madrasah swasta, serta yang telah terakreditasi sebanyak 88 madrasah yang tersebar di 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis. Adapun rincian keberadaan lembaga pendidikan tersebut, terdiri dari 48 RA swasta, 1 MIN, 35 MIS, 5 buah MTsN, 81 MTsS, 3 MAN dan 38 MAS.(*mus)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.017709 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1042206
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.