Wujudkan Penghulu Profesional dan Berintegritas, Kemenag Riau Taja Rakor se-Riau

Ditulis Oleh vera Rabu, 16 Oktober 2019, 23:06

Riau (Inmas) – Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau melalui Bidang Uraian dan Binsyar menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kepenghuluan di Hotel Grand Zuri selama tiga hari kedepan. Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Hina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag RI Dr H Mohsen MM dihadapan 90 peserta se-Riau, pada Rabu petang (16/10) pukul 16.30 WIB.

Dalam sambutannya Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Dr H Mohsen MM mengatakan Kita ingin punya harapan dan tujuan agar mampu wujudkan penghulu profesional dan berintegritas. Itu sudah kita polakan dalam lima nilai budaya kerja Kemenag RI.

Bagaimana kita memperbaiki layanan kualitas KUA mulai dari sumber daya manusia KUA, penghulu dan penyuluh. Menurutnya ada dua peristiwa paling penting sampai hari ini terkait lembaga KUA. Pertama, Harmonisasi soal tema 34 kaitannya dengan keberadaaan penghulu dan penyuluh agar jelas maqamnya penyuluh itu dimana. Sekarang lahir lagi PMA 20 tahun 2019 terkait dengan struktur tata laksana organisasi vertikal.

Selain itu Ia mengupas tentang pemberlakuan UU no. 16 th 2019 tentang revisi UU perkawinan. “Yang direvisi adalah pasal 7 ayat 1. Bukan pengganti UU no. 1 th 74. Kapan berlakunya? Sudah dinyatakan  berlaku sejak ditandatangani presiden. Pasal 6 ayat 3 soal usia perkawinan. Pasal 7 ayat 2 tentang dispensasi nikah. Tidak perlu buru-buru melakukan revisi”, tuturnya.

Mohsen menegaskan kembali di revisi UU substansinya hanya untuk memaksimalkan usia perkawinan. Dimana untuk Pria dan wanita usia 19 tahun  batas minimal pernikahan. 

Terakhir Direktur mengharapkan seluruh peserta dapat meningkat kwalitas dan kompetensi menuju penghulu profesional dan berintegritas seperti yang  dituangkan dalam tema kegiatan Rakor tersebut. Ia mengajak para penghulu untuk lebih memprioritaskan bimbingan perkawinan (binwin) kepada para calon pengantin demi mencegah angka perceraian yang cukup tinggi.

Ketua Panitia Rapat koordinasi kepenghuluan tingkat provinsi Riau Nofrita SAg MSy melaporkan kegiatan mulai berlangsung (16-18/10/ 2019). Ia menuturkan  tujuan kegiatan tersebut adalah untuk pengembangan karier dan peningkatan kualitas propesionalisme Pegawai Negeri Sipil Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau yang menjalankan tugas dibidang Kepenghuluan. Selain itu, untuk mendorong Penghulu agar mengembangkan profesionalisme pelaksanaan tugas penghulu di lingkungannya.

Terkait dengan dasar Hukum, ia menyampaikan Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1974 Nomor l, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3019 ). Selanjutnya  Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 9 Tahun 2019  tentang Jabatan Fungsonal Penghulu. Terakhir ia menguraikan tentang Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190 / PMK-05-2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Adapun Pelaksanaan kegiatan ini adalah Panitia dari Bidang Urais dan Binsyar yang ditunjuk dan ditugaskan oleh Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Riau Tahun 2019 dengan Surat Keputusan Nomor : 254 Tahgun 2019 tentang Surat Keputusan Panitia, Narasumber, Moderator dan Peserta Rapat Koordinasi Kepenghuluan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2019. 

Acara tersebut dihadiri oleh Peserta dari Kepala Seksi Bimas Islam dan Penghulu se Provinsi Riau sejumlah 90 orang  di Hotel Grand Zuri JI. Teuku Umar no.7 Pekanbaru.

Dalam kesempatan ini  ada 7 materi yang akan disampaikan. Diantaranya 

- Kebljakan Kepala Kantor Wilayah Kementertan Agama Provinsi Riau tentang Kepala KUA / Penghulu, oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau

 - Kebljakan Dirjen Bimas Islam Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Bimas Islam, oleh Dirjen Bimas Islam

-Kebljakan Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah dan Pengembangan Penghulu oleh Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah.

- Ketahanan Keluarga, oleh Kasubdit Bina Keluarga Sakinah

- Strategi Kebijakan Menuju KUA Bersih Melayani Dekat Dengan Masyarakat oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah,Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau

 - Pengembangan karir Jabatan Fungsional Penghulu, oleh BKN Regional XII Pekanbaru.

-. Urais dan Permasalahannya, oleh Kepala Seksi Kepenghuluan pada Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau.(vera)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya