Seksi Bimas Islam Kemenag Rohil gelar pembinaan Penghulu

Ditulis Oleh riaurohil Jum'at, 27 September 2019, 13:15

Rokan Hilir (inmas)- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hilir melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam menggelar kegiatan Pembinaan Kepenghuluan Tahun 2019 di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pujud, Jumat (27/9).

Kegiatan di buka oleh Kasi Bimas Islam H. Khairul mewakili Kakankemenag Rohil. Turut hadir pada acara tersebut Penyelenggara Syariah H. Tarmizi, SHI, kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pujud H. Majemuk, S.Ag dan 7 penghulu peseta pembinaan.

H. Khairul dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan, pembinaan bagi para penghulu sangat penting guna meningkatkan pengetahuan  dan wawasan para penghulu agar mampu tampil sebagai sosok penghulu yang berintegritas, profesional, inovatif, tanggungjawab dan penuh keteladanan.

Menurutnya, KUA yang notabene sebagai unit kerja terkecil dan terbawah, namun mempunyai peran besar sebagai ujung tombak atau garda terdepan dalam pelaksanaan tugas-tugas Kementerian Agama dalam pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu diharapkan kedepan kegiatan pembinaan terus digalakan dengan harapan kepala KUA dan juga penghulu mampu mengembangkan kinerjanya demi mewujudkan KUA Bersih dan Melayani.

"Diharapkan agar kepala KUA dan penghulu lebih meningkatkan kompetensinya dan memberikan keteladanan di tengah-tengah masyarakat terutama pengembangan moderasi beragama, serta lebih proaktif menyikapi problema yang terjadi, khususnya yang berkenaan dengan rumah tangga dan serta masalah-masalah sosial kemasyarakatan lainnya," harap H. Khairul.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, penghulu ibarat guru, yang notabenenya berhubungan dengan tugas pendidikan. Maka kalau pendidikan mau maju maka yang kita perkuat adalah gurunya. Sedangkan, jika kehidupan keagamaan masyarakat mau maju, yang kita perkuat Penghulunya.

“Hal ini bisa diawali dengan pembangunan dan pembinaan keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah (Samara), pencatatan dan proses pernikahan, yang disempurnakan dengan pembinaan pada calon pengantin," pungkasnya. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya