Belum Beruntung, Riau Raih 12 Besar pada LKTI dan MBK Nasional

Ditulis Oleh vera Selasa, 24 September 2019, 09:35

Riau (Inmas) - Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Musabaqah Bahsul Kutub (MBK) Tingkat Nasional tahun 2019 selesai. Gelaran yang diikuti 66 penghulu terbaik utusan 34 provinsi ini ditutup Sekjen Kemenag  M Nur Kholis Setiawan, Kamis (19/09), di Bekasi.

Ada enam pemenang LKTI dan enam juara MBK yang diumumkan perwakilan dewan juri pada malam penutupan. Agenda rutin tahunan ini menghadirkan dewan juri untuk LKTI, yaitu Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah; Kasubdit Bina Kepenghuluan; Prof. Dr. Lili Romli dari LIPI; Prof. Dr. Darwis Hude, MA dari PTIQ; serta Prof. Dr. Adlin Sila dan Abdul Jamil Wahab, MA dari Badan Litbang dan Diklat Kemenag. Sedangkan untuk dewan juri MBK diamanahkan kepada Dr. KH. Arwani Faishol; Dr. KH. Lutfi Fathullah, MA; Dr. KH. Abdul Moqsith Ghozali, MA; dan Dr. KH. Fuad Thohari, MA.

Pemenang LKTI

Juara 1: Sabit Mustamil (DI Yogyakarta)

Juara 2: Taufik Zulfahmi (Sumatera Barat)

Juara 3: Sazral Arfa (Sulawesi Tenggara)

Harapan 1: Suhaidi (Nusa Tenggara Barat)

Harapan 2: Natardi (Jambi)

Harapan 3: Muhammad Hasbi (Kalimantan Barat)

Pemenang MBK

Juara 1: Muhammad Said (Sumatera Selatan)

Juara 2: Pahrurozi (DKI Jakarta)

Juara 3: Fadli (Jawa Timur)

Harapan 1: Yanoor Suriani (Kalimantan Selatan)

Harapan 2: Afif Arwani (Maluku)

Harapan 3: Didin Najmudin (Jawa Barat)

Sekjen Kemenag mengucapkan selamat dan apresiasinya kepada para pemenang dan seluruh peserta. Menurutnya, semua peserta merupakan pemenang yang sesungguhnya. 

Sementara itu menurut Kabid Urais Kanwil Kemenag Riau Afrialsah Lubis MA yang turut hadir pada acara rutin itu mengatakan Pelaksanaan kegiatan yang disingkat MBK dilaksanakan oleh Ditjen Bimas Islam Kemenag RI mulai tanggal 19-20 September 2019 di Bekasi Hotel Aston Imperial.

Ia menilai tujuan pelaksanaan tersebut adalah untuk menciptakan para penghulu yang profesional dan berintegritas secara keseluruhan. Pelaksanaan lomba tersebut dibuka oleh ditjen bimas Islam dan ditutup menteri agama yang diwakili bapak sekjen Prof. Dr Nur Kholis Setiawan.

“Alhamdulillah pelaksanaan berjalan lancar. Akan tetapi Riau belum memperoleh juara, namun bersyukur  Riau masuk dalam ranking 12 dari 34 provinsi. Seluruh peserta mengirimkan 2 orang masing provinsi diseluruh Indonesia. (vera)

 

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya