Drs. H. Muharom: Pemerintah Sangat Peduli Perihal Tentang Pembinaan dan Mewujudkan Keluarga Sakinah

Ditulis Oleh riausiak Rabu, 11 September 2019, 15:49

Siak (Inmas) – Rabu, (11/09/19), di hadapan 35 orang calon pengantin yang mengikuti kegiatan Bimbingan Perkawinan Angkatan II yang diselenggarakan oleh Seksi Bimas Islam Kankemenag Siak, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak, Drs. H. Muharom memaparkan materi tentang  “Kebijakan Pemerintah tentang Bimbingan Perkawinan dan UU Perkawinan dan Upaya Pemerintah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah”.

Mengawali penjelasannya, Kepala Kankemenag Siak tersebut menjelaskan bahwa pelaksanaan Bimbingan Perkawinan ini bertujuan untuk mewujudkan agar pernikahan dapat memberi manfaat, sehingga diharapkan dengan Suscatin ini, kehidupan pasca menikah nanti dapat mewujudkan keluarga yang Sakinah, Mawaddah wa Rohmah. Selain itu, melalui Suscatin ini juga para peserta dituntut untuk dapat mengetahui kewajiban dan hak-nya sebagai suami/istri, serta mengetahui hukum-hukum agama dan Negara yang terkait dengan perkawinan dan kehidupan rumah tangga. “Diharapkan dengan kegiatan ini, angka perceraian dapat ditekan dengan efektif”, ujarnya.

Drs. H. Muharom menyampaikan bahwa, peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang perkawinan adalah UU No.1 Th.1974  dan Peraturan Pemerintah No.9 Th.1975 tentang pelaksanaan UU.No.1 Th.1974.  Dua peraturan perundang-undangan tersebut merupakan aturan perkawinan yang terbaru yang menghapus semua aturan perkawinan yang lebih dahulu ada sepanjang telah diatur dalam UU No.1 tersebut.

“Materi ini wajib diketahui oleh masing-masing pasangan Calon Pengantin, agar bapak/ibu faham dan mengerti peraturan Pemerintah RI melalui Kemenag RI tentang tugas dan peran masing-masing dalam memimpin dan membina keluarga nanti melalui mekanisme Undang-Undang”, begitu kata Kepala Kankemenag Siak, Drs. H. Muharom mengawali paparan materinya. (Hd)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya