Satu Jemaah Sudah Tiba di EHA Riau, 3 Jemaah Masih Dirawat di Arab Saudi

Ditulis Oleh vera Rabu, 11 September 2019, 13:42

Riau (Inmas) – Usai pemulangan jemaah haji gelombang kedua, sebanyak empat orang jemaah haji masih harus menunda kepulangan mereka ke tanah air karena alasan sakit.

Dua diantaranya, tercatat Jemaah kloter BTH 20 yang dirawat di Arab Saudi dan dua jemaah lainnya asal Pekanbaru  dan Inhil. 2 orang jemaah asal BTH 20 tersebut atas nama HASNAH BINTI ZAINUDIN INDO Asal Jemaah Kabupaten Bengkalis dengan Nomor paspor C 3164604. Ia  dirawat dirumah sakit King Faisal Mekkah. 

Yang kedua, Abdul Latif bin Muhammad Tohir dirawat dirumah sakit King Abdul Aziz Mekkah. Jemaah ini berasal dari Kabupaten Inhil.

5353 orang jemaah calon haji yang terbagi dalam 12  kelompok terbang, telah dipulangkan ke tanah air. Termasuk jemaah haji yang sakit dipulangkan bersama kloter BTH 25 asal Jambi.

Karena pertimbangan menderita demam tinggi satu jamaah haji kloter BTH 20 asal Kabupaten Indragiri Hilir harus menjalani rawat inap (opname) di Rumah Sakit Arab Saudi, Sehingga harus ditunda kepulangannya ke tanah air sampai kondisinya pulih.

“Jamaah haji ini semula sehat saja, namun sejak jatuh dikamar mandi menurut keterangan dokter arab saudi belum bisa pulang karena harus menjalani perawatan medis,” kata Ketua kloter BTH 20 Dr Anasri Nurdin MPd, di asrama EHA Riau, Rabu (11/09).

Satu jamaah yang sakit  tersebut, kata Anasri atas nama Abdul Latief, berusia 80 tahun. Dan saat ini kondisinya sudah membaik. Sehingga bisa dipulangkan ke tanah air bersama Kloter BTH 25 Selasa (10/09). 

“Ia sempat menjalani terapi dengan dokter di Arab Saudi sebanyak 10 kali, begitu pulih langsung dipulangkan ketanah air bersama kelompok terbang BTH 25.  Mengingat untuk kepulangannya tetap menunggu keterangan dari dokter yang merawatnya. "Setelah layak terbang, baru dibolehkan pulang oleh tim medis rumah sakit disana", ungkapnya. 

“Sebenarnya kalau menurut jadwal, jamaah haji Abdul Latif  yang sakit ini sudah  tiba di tanah air pada Kamis (05/09) kemarin bersama –sama dengan jemaah kloter BTH 20,”ungkapnya.

Dia mengatakan, masih ada 3 jemaah lagi yang masih dirawat di Arab Saudi,  satu diantaranya juga masih jemaah kloter BTH 20 asal Bengkalis, jelas Anasri. Jemaah haji ini atas nama HASNAH BINTI Zainudin Indo asal Bengkalis juga dinyatakan sakit dan harus menjalani perawatan di Rumah sakit King Faisal Mekkah karena mengidap sakit paru paru. Karena kondisinya belum pulih, maka belum bisa di pulangkan hingga kini.(vera)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya