Jemaah Haji yang Sakit Sudah Dipulangkan, Kakanwil Sambut di EHA Riau

Ditulis Oleh vera Rabu, 11 September 2019, 13:35

Riau (Inmas) - Seorang jemaah haji Riau Abdul Latif bin Muhammad Tohir yang dirawat dirumah sakit King Abdul Aziz Mekkah, sudah dipulangkan ke tanah air pada Selasa (10/09). Jemaah ini berasal dari Kabupaten Inhil.

Abdul Latif merupakan jamaah haji Inhil Kloter BTH 20 yang tanazul atau tertunda kepulangannya karena sakit kini sudah tiba di Embarkasi Haji Antara Riau. Ia diangkut menggunakan mobil ambulans dalam keadaan selamat.

Jemaah yang didiagnosa demam tinggi setelah jatuh di kamar mandi ini dari Kabupaten Inhil yang tanazul atau tertunda kepulangannya melalui Kloter BTH 20 Debarkasi Batam.

Ia dipulangkan bersamaan dengan jamaah haji Provinsi Jambi kloter BTH 25," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau Dr H Mahyudin MA di Halaman EHA Riau, Rabu (11/09). Tampak hadir pada kesempatan itu sejumlah unsur PPIH dari Kemenag, pihak kesehatan, serta dan pihak keluarga jemaah. Mereka terlihat penuh haru menyambut kedatangan jemaah yang tunda pulang karena sakit.

Menanggapi hal itu Mahyudin menuturkan kendati pun jemaah yang sakit tidak dipulangkan bersamaan dengan kloter awalnya. Pihaknya memastikan  pemulangan jemaah yang tunda karena sakit sudah menjadi tanggung jawab PPIH.

“Baik itu PPIH Debarkasi Batam dan PPIH Debarkasi Antara Riau, karena itu saya mengintruksikan agar ada perwakilan pihak PPIH EHA Riau yang menjemput jemaah ke Batam,”, katanya.

Hal itu memang sudah menjadi tanggung jawab dan tugas kita selaku PPIH, sebutnya. Setelah jemaah diterbangkan dari Madinah menuju  Batam pada Selasa (10/09). “Setiba di Batam dan istirahat di Batam selama semalam, siang tadi sudah diterbangkan ke Pekanbaru”, kata Mahyudin.

Ia menyebut sampai di EHA Riau tugas PPIH selesai, dan selanjutnya baru diserahkan ke PPIH daerah. “Tadi sudah kita serahkan, dan Alhamdulillah jemaah sudah dibawa pulang ke kampung halamannya di Inhil”, ujar mantan Kabid Penmad ini.

Mahyudin memastikan akan terus memantau terus perkembangan jemaah yang masih berada di Arab Saudi karena sakit. Ia mengharapkan jemaah yang  tunda kepulangan karena sakit segera bisa pulih. Sehingga bila sudah dinyatakan layak terbang oleh pihak medis rumah sakit.

Hingga kini masih ada 3 jemaah kita yang masih tertunda pulang karena sakit. Nanti kita pantau debarkasi mana yang masih ada penerbangan. Kalau pun tidak nanti tetap akan diurus Kemenag RI sampai kembali ke tanah air kalau dia sehat. Itu SOP yang ada di Kemenag. 

Kita berharap jemaah haji yang masih ada di kloter  29 sebanyak 19 orang semoga  mereka sehat dan bisa kembali sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pada tgl 14 mereka sudah sampai di Embarkasi Batam. Namun insya Allah  tanggal 5 mereka sudah sampai di EHA. 

Untuk itu pihaknya berdoa Semoga mereka berkah selamat dan sehat semua tidak ada Lagi yang tinggal.

Bagi jemaah yang tinggal. Tentu kita terus berharap berharap bagaimana mereka tetap sehat. Hingga dipulangkan ke tanah air, harap Mahyudin.(vera)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya