Gubernur Riau Resmikan IAI Daar Aswaja

Ditulis Oleh riaurohil Selasa, 10 September 2019, 12:43

Rokan Hiir (inmas)- Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Daar Ahlissunnah Wal Jamaah (Aswaja) Sabtu (7/9/2019) kemarin diresmikan menjadi  Institut Agama Islam (IAI) Daar Aswaj yang berada di Jalan Ibadah syeikh Muda Madlawan, Sungai Pinang Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar.

Peresmian tersebut disaksikan Wakil Bupati Rokan Hilir Drs. H. Jamiludin, mewakili Kakankemenag Rohil, Nasuha, S.Pd.I, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rohil H.M.Wan Rusli Syarief, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Hermanto,Ssos, Kopertais Wilayah Xll-Riau Kepri Rektur IAI Dar Aswaja Rokan Hilir, Ketua NU, H. Sakolan, M.Ag, beserta ketua Yayasan, Tokoh Agama, Camat, Lurah/Penghulu, para orang tua Santri dan para Santri.

Peresmian Kampus Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja ditandai dengan penandatanganan prasasti sekaligus penandatanganan MoU kerjasama tentang penguatan Tri Darma Perguruan Tinggi dengan pemerintah provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir serta penandatangani Prasasti peresmian alih status Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah (STIT) ke Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja Rokan Hilir, Pemukaan selubung papan nama Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja.

Dalam Sambutannya, Gubernur Riau H.Syamsuar memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Rektor Institut Agama Islam Dar Aswaja yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pembangunan khususnya pembangunan di bidang pendidikan.

"Atas nama Pemprov Riau saya mengucapkan terima dan menyampaikan penghargaan kepada Rektor IAI Dar Aswaja Rohil yang telah membantu pemerintah daerah mewujudkan pembangunan dibidang pendidikan,ini merupakan satu-satunya Institut yang ada didaerah Kabupaten Rokan Hilir," ucapnya.

Dan Sesuai dengan SK Menteri Agama nomor 456 tahun 2019 tentang perubahan bentuk dari sekolah tinggi ilmu tarbiyah menjadi Institut Agama Islam Dar Aswaja dengan tiga fakultas, yaitu fakultas tarbiyah, fakultas ekonomi, dan fakultas Ushuluddin.

"Lembaga ini akan menjadi perhatian pemerintah daerah di samping akan dijadikan sebagai aset daerah yang kita percayakan membangun manusia yang beriman dan bertakwa, melahirkan sarjana-sarjana yang berilmu pengetahuan. Untuk itu kerjasama yang akan kita perkuat, insya Allah pada tahun 2020/2021 Kami berharap paling tidak sebanyak 2.000 orang tamatan Madrasah dan SMA, SMK dan Pondok Pasantren bisa kuliah di Institut Agama Islam Dar Aswaja Rokan Hilir ini," harap Syamsuar.

Sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bagi masyarakat, Gubri meminta Institut Agama Islam Dar Aswaja Rokan Hilir harus menetapkan hakikat Perguruan Tinggi itu sendiri, Hal ini, demi menjaga mutu perkuliahan, sekaligus mutu lulusannya,Ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut,Wakil Bupati Rohil, Drs.H.Jamiludin menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Riau H.Syamsuar,karena telah dapat hadir di Rokan Hilir,Dalam rangka Peresmian Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja Rokan Hilir. Untuk itu, atas nama pemerintah dan masyarakat rokan hilir, kami ucapkan terima.

"Selamat Datang, kepada Bapak Bapak Gubernur Riau dan juga Bapak Koordinator Kompertis XII Riau Kepri, di Kepenghuluan Sungai Pinang Kecamatan Kubu Babussalam ini," ucap Jamiluddin.

Dengan kehadiran Gubri, harap Wabup akan menjadi daya dorong semangat dalam upaya membangun kualitas sumberdaya manusia, khususnya di Negeri Seribukubah Kabupaten Rokan Hilir," harapnya.

Disampaikan Jamiludin, bahwa dalam membangun dan meningkatkan sumberdaya manusia di Kabupaten Rokan Hilir, tersedia berbagai jenjang pendidikan, baik Negeri maupun Swasta. Mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi. Rokan Hilir memiliki 181 Taman Kanak-kanak, 419 Sekolah Dasar, 206 Sekolah Menengah Pertama, 60 Sekolah Menengah Umum,65 Sekolah Agama dan 3 Perguruan Tinggi ,yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rokan di Km 6 Bahtera Makmur, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ar Ridho Bagansiapiapi dan Institut Agam Islam (IAI) Dar Aswaja Sungai Pinang, Kubu Babussalam," jelas Jamiludin. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya