Kakan Kemenag Bengkalis Buka Resmi Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Angkatan 7

Ditulis Oleh bengkalis2 Selasa, 10 September 2019, 09:56

Bengkalis (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam kembali melaksanakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah bagi calon pengantin angkatan ke-7 tahun 2019. Kegiatan yang digelar di Aula lantai 2 Kantor Kemenag Bengkalis, jalan Kelapapati Darat Bengkalis ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Bengkalis diwakili Kepala Subbag Tata Usaha Dr H Carles SAg MA, didampingi Kepala Seksi Bimas Islam H Zulkarnaen SAg, pada Selasa (10/09/2019) pagi.

 

“Dengan membaca basmalah, kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin angkatan ke-7 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis tahun 2019, secara resmi dibuka” ucap Kasubbag TU H Carles saat membuka resmi kegiatan tersebut.

 

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Bahruddin Ashuri SHI dalam laporannya menyampaikan kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah angkatan ke-7 kali ini diikuti sebanyak 30 pasang calon pengantin atau 60 orang peserta, yang berasal dari Kecamatan Bengkalis dan Bantan. Selanjutnya kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaksni mulai Selasa s.d Rabu (10 s.d 11/08/2019).

 

“Kami sangat berharap kepada kita semua untuk bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dan mudah-mudahan ini bisa menjadi bekal bagi catin dalam membina rumah tangga, agar menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah” harap Ketua Panitia Bahruddin.

 

Sebagai pembekalan pra nikah bagi calon pengantin akan mendapatkan materi yang terbagi dalam Kelompok Dasar yang meliputi pembukaan dan pengarahan, perkenalan dan kontrak belajar. Selanjutnya Kelompok Inti, yakni mempersiapkan keluarga sakinah, mengelola dinamika perkawinan dalam keluarga, mengelola konflik dalam keluarga, memenuhi kebutuhan keluarga dan mempersiapkan generasi berkwalitas. Terakhir Kelompok Penunjang yang meliputi evaluasi, refleksi dan post tes bagi peserta.

 

Bimbingan perkawinan merupakan ikhtiar Kementerian Agama RI dengan biaya yang bersumber dari APBN dan PNBP-NR sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan makna perkawinan sebagai tali ikatan yang kokoh untuk mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah, dan telah diatur berdasarkan Keputusan Dirjen Bimais nomor 373 tahun 2017.

 

Acara pembukaan diakhiri dengan pembacaan doa yang dipandu oleh staf Bimas Islam Muhammad Fauzi. Semoga dengan kegiatan ini, bisa menjadi pengetahuan dan bekal bagi catin dalam membina serta mempersiapkan mahligai rumah tangga yang sakinah menurut ajaran agama Islam. (tfk)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya