MTsN 3 Rokan Hulu Gelar Pekan Muharram Dalam Memperingati Tahun Baru Islam 1441 H

Ditulis Oleh riaurohul2 Senin, 09 September 2019, 12:14

Rokan Hulu ( Inmas ) – Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1441 H, Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rokan Hulu menggelar acara Pekan Muharram yang diadakan di Lingkungan MTsN 3 Rokan Hulu, Sabtu ( 08/09 ). Acara Pekan Muharram ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Syahrudin, M.Sy di depan 70 orang majelis guru beserta TU dan 861 siswa Madrasah.

Adapun beberapa kegiatan yang berlangsung selama dua hari dalam acara tersebut diantaranya Lomba Pidato dan Azan antar lokal sebanyak 27 Rombel sekitar pukul 08.00-10.00 WIB, kemudian Pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai diadakan kegiatan Sosialiasasi Buku Kerja Guru oleh Instruktur Pengawas Madrasah Dra. Hj. Maria Ulfah. M.Pd.I diikuti 56 Guru, selanjutnya pukul 17.30 – 20.00 diisi dengan kegiatan tadarrus alqur’an, sholat fardhu maghrib dan diisi dengan muassabah atau ceramah agama yang disampaikan oleh Drs. H. Zulkifli Syarif, S.Ag, M.Pd.I kemudian sholat isya berjamaah. Selepas sholat isya diadakan penampilan  seni islami sembari makan malam bersama dan istirahat untuk tidur pukul  23.00 WIB, selanjutnya pukul 02.00 – 04.30 WIB kembali bangun untuk melaksanakan sholat tahajjud dan witir yang di imami oleh ustad Rio Nandes Tahfidzh 30 Jus Alumni MTsN 3 Rohul yang tengah melaanjutkan S2 di Sudan dan selanjutnya acara  renungan suci puncak Malam Bina Ilmu dan Taqwa atau lebih dikenal dengan istilah MABIT dengan muassabah oleh Ustad H Syafri, Ustad Rio Nandes dan Ustad Zulkarnain. Acara muassabah tersebut penuh dengan isak tangis oleh 861 siswa yang penuh penyesalan atas kekhilafan yang mereka lakukan selama ini. Selanjutnya sekitar pukul 04.30 – 05.30 WIB sholat subuh berjamaah dibarengi dengan kultum dan pemutaran Film Tragedi Berdarah Muslim Palestina atas Kebiadapan Israel. Adapun tujuan pemutaran film ini untuk nmenggugah solidaritas sesama muslim atas penderitaan saudara sesama aqidah, begitu disampaikan oleh Kepala Madrasah berprestasi ini. kemudian pukul 05.30 – 07.00 WIB sarapan pagi dan penutupan.

Serangkaian acara tersebut tidak lepas dari dukungan semua pihak baik dari kepala madrasah maupun dari seluruh guru dan siswa karena tujuannya adalah ingin merobah yang baik menjadi yang terbaik khususnya dalam pembentukan akhlakul Karimah, begitu disampaikan Ketua Panitia Zulkarnain, S.Si dalam sambutannya.

Kankemenag dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Kamad tersebut karena sudah melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan bernilai positif untuk menambah ilmu agama, mengukir prestasi dan melatih mental para siswa sehingga dikemudian hari bisa menjadi pribadi yang berakhlak mulia, mempunyai keberanian tampil dimuka umum untuk menunjukkan bakat yang tertanam didiri siswa siswi tersebut. Kemudian beliau menambahkan dengan peringatan Muharram ini, hendaknya para siswa siswi bisa merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan bagi majelis guru beliau berpesan dalam momen tahun baru islam ini agar menjadi momen untuk mengevaluasi kinerja ditahun yang lalu dan bisa ditingkatkan pada tahun ini dan selanjutnya . “ mudah – mudahan dengan peringatan 1 Muharram yang kita taja ini memberi hikmah yang besar bagi kita terutama merobah diri dari akhlakul sayyi’ah menjadi akhlakul karimah, dari kebiasaan bermalas – malasan menjadi kebiasaan yang rajin, Don’t wait until tomorrow, what you can do today...” begitu pesan beliau sembari membuka acara pekan muharram tersebut.

Sementara itu Kamad MTsN 3 Rokan Hulu Drs. H. Afdizon menambahkan bahwa kegiatan muharram ini merupakan tahun hijriah, maka beliau berharap agar sama – sama hijrah dari hal – hal yang kurang baik pada tahun yang lalu dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi pada tahun ini dan makin baik lagi pada tahun yang akan datang. Dan beliau menghimbau agar para siswa lebih rajin belajar , lebih giat beribadah kepada sang khalik dan mempunyai akhlakul karimah “... dan kepada seluruh majelis guru dan karyawan, mari kita hijrah memperbaiki kinerja kita pada tahun yang lalu menjadi lebih baik lagi, lebih profesional dan lebih peduli kita kepada anak – anak didik kita demi kemajuan dan harapan kita adalah MTsN 3 Rokan Hulu ini menjadi pilar MTs Terbaik di provinsi Riau ini...” himbau Kamad MTsN 3 Rohul Tersebut.***( Eel )

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya