379 Peserta Ikuti KSM Tingkat Provinsi Riau

Ditulis Oleh adminriau Rabu, 14 Agustus 2019, 22:31

Riau (Inmas) - “ Dengan KSM Tahun ini mampu menyiapkan Peserta Juara KSM Provinsi Riau Se-optimal mungkin dan bisa berbicara ditingkat Nasional”. Demikian disampaikan Plh. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau dalam Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Riau di MAN 1 Pekanbaru.


Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dibuka pada Rabu (14/8/19) yang dihadiri oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se-Riau, Kasi di Lingkungan Bidang pendidikan Madrasah, Ketua Komite MAN 1 Pekanbaru serta Peserta KSM dari 12 Kabupaten/Kota se-Riau.

“ Mudah-mudahan KSM Tahun ini berjalan  dengan lancar dan Allah senatiasa memberi Kecerdasan dan membuka hijab keilmuan terhadap anak-anak yang berprestasi yang dapat dibanggakan serta akan membawa nama Riau di Pentas nasional ”. Lanjut Beliau yang juga Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Kanwil Kemenag Riau

Sementara itu kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Kasi Pendidikan Madrasah Dr. H. Nasarudin, M. Pd mengatakan Kantor Kementerian Agama Kota pekanbaru memberikan apresiasi yang cukup tinggi atas kehadiran peserta KSM dari Kabupaten/Kota se-Riau di MAN 1 Kota Pekanbaru sebagai Tuan Rumah Event tersebut. Kemenag Pekanbaru berharap dengan KSM menuju tingkat Nasional akan terbentuk Inovasi-inovasi dalam kompetisi yang dilaksanakan serta menjadi Juara Umum nantinya.

Kegiatan yang mengusung tema Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat tersebut diikuti oleh 379 Orang yang mendapatkan Rekomendasi dari 396 peserta yang terdaftar. Kegiatan tersebut mengambil tempat pelaksanaan di MAN 1 Pekanbaru, MAN 2 Pekanbaru dan MTs N Andalan Pekanbaru

“ Peserta ini akan mengikuti kompetisi dalam 3 tingkatan Yakni MI akan berkompetisi dalam 2 cabang keilmuan yaitu Sains IPA Terintegrasi dan Matemtika terintegrasi, tingkat MTs akan berkompetisi dalam 3 cabang keilmuan Yakni IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu terintegrasi dan Matematika terintegrasi, tingkat MA akan berkompetisi dalam 6 cabang keilmuan yaitu Fisika terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Biologi terintegrasi, Matematika terintegrasi, Ekonomi terintegrasi dan Geografi terintegrasi ”. Demikian disampaikan Drs. H. Darimus, MA Ketua Panitia yang juga merupakan Kasi Kesiswaan Bidang Penmad.

Pembukaan KSM ini diawali dengan Devile Peserta yang dimulai dari Kabupaten Bengkalis dan di tutup oleh Kota Pekanbaru. pembukaan tersebut ditandai dengan penekanan sirine oleh kepala Kantor Kementerian Agama provinsi Riau yang diwakili oleh Plh. Kabid Pendidikan Madrasah secara bersama dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se-Riau, Kepala MAN 1 Pekanbaru, Ketua Komite MAN 1 Pekanbaru yang merupakan hasil inovasi siswa Robotik MAN 1 Pekanbaru dan juga pelepasan balon keudara serta pembukaan papan selubung nama dimulainya kegiatan KSM Tingkat Provinsi Riau serta penyematan tanda peserta Kompetisi tersebut. (ana/ifat)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya