Kemenag Akan Gelar Pentas PAI IX di Makassar

Ditulis Oleh adminriau Rabu, 14 Agustus 2019, 10:22

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam akan menyelenggarakan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional IX. Even nasional ini akan dihelat di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, 9-14 Oktober 2019. 

Hal ini disampaikan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI), Kementerian Agama RI, Rohmat Mulyana Sapdi di Jakarta, Selasa (13/8). Menurutnya, kegiatan Pentas PAI merupakan agenda dua tahunan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bidang kreatifitas dan seni pendidikan agama Islam. Even ini akan menjadi ajang kompetisi bagi peserta terbaik perwakilan 34 provinsi. 

"Beberapa daerah telah menyelenggarakan secara berjenjang di daerah masing-masing dengan sangat baik," ungkap Rohmat.

Mantan Dosen UIN Bandung ini berharap Pentas PAI dapat menjadi motivasi kepada peserta didik agar lebih bersemangat dalam  mempelajari  pendidikan agama Islam. "Selain itu, Pentas PAI diharapkan juga dapat menumbuhkan minat, bakat dan kreativitas di bidang keterampilan dan seni PAI," pungkasnya.

Kasi Kesiswaan Subdit PAI pada SMA/SMK, Herry Zakaria Anshari,  menuturkan Pentas PAI tahun ini akan mengambil tema "Keberagamaan Generasi Milenial Yang Moderat". Desain kegiatan tidak sekedar kompetisi, akan tetapi juga proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dan kejujuran bagi peserta. 

"Tema-tema perlombaan seperti dalam lomba pidato, debat, KIR, cerdas cermat telah didesain khusus sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap disiplin, religius, kreatif dan moderat," jelas Herry.

Pentas PAI tahun ini akan melombakan 10 cabang perlombaan. Delapan cabang perlombaan yang lama yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur`an, Lomba Pidato PAI, Musabaqoh Hifzhil Qur`an, Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Seni Nasyid, Lomba Debat PAI, Lomba Kreasi Busana. Sementara  cabang perlombaan yang baru adalah lomba Cerita Remaja Islam dan Karya Ilmiah Remaja PAI.

"Dengan konsep ini, Pentas PAI akan bertambah meriah sekaligus memberikan banyak pengalaman dan manfaat tidak hanya bagi peserta, juga para pembina dan Guru PAI selaku pendamping peserta," jelasnya. (nasukha)

Sumber : Dit PAI
Penulis : Kontri
Editor : Khoiron
kembali ke daftar berita

Berita Lainnya