Gema Takbir Iringi Pemotongan 1 Ekor Sapi Quran MAN 1 Rohil

Ditulis Oleh riaurohil Selasa, 13 Agustus 2019, 08:18

Rokan Hilir (inmas)- Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah. “Lalu apakah sebenarnya Qurban itu?”, tanya Ustadz Mustakim kepada para siswa sesaat sebelum melaksanakan penyembelihan hewan kurban di MAN 1 Rohil, Senin (12/8/2019).

Ust. Mustakim menjelaskan, Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti “dekat”. Kurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi, kerbau, dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

MAN 1 Rokan Hilir melaksanskan pemotongan Qurban satu ekor Lembu atas nama, ibu Rahmawati, M.Pd.I, ibu Desra Berliana, bapak M. Yaman, S.Tp, ibu Nurnaningsih, S.Si, bapak Roslan Bin Taher, serta atas nama Rohis MAN 1 Rokan Hilir.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Rohil dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan ini sebagai proses pembelajaran bagi siswa dalam bentuk pelaksanaan Ibadah sosial.

Kegiatan Qurban ini merupakan tahun kedua, yang dikoordinir langsung oleh Rohis MAN 1 Rokan Hilir demikian Rahmawati Menjelaskan dalam sambutannya.

Untuk itu lanjut Rahmawati, selaku kepala Madrasah mengucapkan terima kasih atas peran serta semua pihak, sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan semoga untuk tahun berikutnya semakin banyak orang yang mau berqurban dilingkungan sekolah kita.

Pemotongan Qurban langsung dipimpin  Ustaz Mustakim, S.Ag selaku guru dan Staf kesiswaan bidang Ibadah, serta dibantu para panitia qurban lainnya, yang diawali dengan Bacaan Takbir para siswa secara serentak. (Bstm/Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya