Kebijakan Penilaian KUA Teladan Tahun 2019, Kuasai Hal Ini Pesan Kakanwil

Ditulis Oleh vera Minggu, 26 Mei 2019, 13:52

Riau (Inmas) - Dalam rangka persiapan pelaksanaan KUA Teladan Tingkat Provinsi Riau yang akan dilaksanakan pada pertengahan Juni mendatang, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Riau yang  menyampaikan dalam materinya pada  kegiatan Sosialisasi Biaya Operasional Perkantoran dan Regulasi Kelembagaan KUA di Hotel Primer Park, Minggu (26/05). Ia mengatakan bahwa dalam penilaian KUA Teladan ini fokus pada tiga hal penting yaitu Manajemen, integritas, layanan publik dan  inovasi.

Hal ini tertuang pada juknis KUA Teladan Dirjen Bimas Islam Nomor 284 Tahun 2019 Tanggal 14 Maret 2019.

Ia menilai tujuan penilaian KUA teladan  tak lain guna memberikan dan motivasi. Kedua, Terlaksananya Penilaian dan Penganugerahan Layanan KUA Kecamatan Teladan dan tercapainya tercapainya visi dan misi.

Mahyudin menuturkan  KUA yang bisa  mengikuti pemilihan KUA Teladan 2019 adalah KUA yang belum pernah menjadi KUA Teladan tingkat Provinsi dua tahun sebelumnya.

Selain itu, KUA Kecamatan yang telah memiliki dan melaksanakan standartnya pelayanan minimal (SPM). Dimana KUA yang diusulkan membuat surat pernyataan yang berisi tentang komitmen pemberantasan korupsi dan menyiapkan profil KUA sesuai dengan sistematika yang diditetapkan

Ditambahkannya, khusus penilaian KUA tingkat Nasional, KUA kecamatan harus menyiapkan bahan presentasi powerpoint maksimal 5 halaman dan video layanan publik maksimal 3 menit yang sudah diunggah ke youtube.

Indikasi utama dalam penilaian adalah  pada video inovasi selama 3 menit yang akan digali betul oleh tim penguji.

Kementerian Agama akan menurunkan tim penguji dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang akan menilai langsung ke lapangan.

“Pada saat itu layanan inovasi yang sudah didokumentasikan akan diliat langsung pelaksanaannya. “Maka dari itu mari terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat ” tambah Mahyudin.

Setiap KUA akan melewati sejumlah tahapan penilaian itu nanti mulai dari membagikan formulir Penilaian, verifikasi dan pengalihan informasi serta wawancara.

Diakhir materi Mahyudin juga memaparkan  penilaian KUA teladan harus memenuhi 4 syarat ini. Manajemen, integritas, Layanan Publik dan inovasi.

Sebagai informasi, dijadwalkan untuk pelaksanaan penilaian KUA teladan Tahun 2019 tingkat Kab/kota dari April-Mei, Tingkat provinsi Mei-Juni dan Nasional Pada bulan Juli mendatang.(Vera/ana)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya