Pemenang ICS dan Marco, Diterima di MAN 1 Pekanbaru Tanpa Tes

Ditulis Oleh imuss Selasa, 12 Februari 2019, 15:28

Riau (Inmas)- Selain mendapatkan medali, piala, piagam dan uang pembinaan, pemenag 1, 2 dan 3 pada Lomba Islamic Competition of Science (ICS) dan MAN Satu  Research Competition (Marco) MAN 1 Pekanbaru Tahun 2019 akan diterima di MAN 1 Pekanbaru tanpa tes melalui jalur regular dengan hanya melampirkan bukti sertifikat kejuaraan.

Kepala MAN 1 Pekanbaru, Dr H Marzuki M Ag, pemberian penghargaan kepada siswa dan siswa SMP/MTs sederajat berprestasi tersebut sebagai bentuk apresiasi atas upaya para siswa dalam memberikan usaha yang terbaiknya disemua bidang mata pelajaran, khususnya yang diperlombakan pada  ICS, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Geografi.

“Bagi para pemenag ICS dan Macro tingkat SMP/ MTs sederajat kami rekomendasikan untuk masuk ke MAN 1 Pekanbaru, bagi yang melalui jalur regular kami terima tanpa syarat. Namun untuk yang ingin masuk dalam smart class pendaftaran harus tetap melalui jalur Penelusuran Siswa Unggul (PSU),” ungkap Marzuki kepada Inmas, Selasa (12/2/2019). “Untuk pemenang 1,2 dan 3 lomba ICS sebanyak 21 orang, dan untuk pemenang Marco tingkat SMP/ MTs sederajat ada 3 tim pemenang setiap tim 3 orang, jadi semua kita beri kesempatan untuk masuk MAN 1 Pekanbaru jalur regular tampa tes,” tambahnya.

Marzuki mengungkapkan, kegiatan ICS dan Marco yang digelar oleh MAN 1 Pekanbaru beberapa hari yang lalu merupakan salah satu kegiatan yang bertujuanuntuk membangkitkan semangat olimpiade para siswa.  Dengan adanya kegiatan kompetensi akan muncul nanti sains-sains olimpide tinggal Kota, tingkat Provinsi, dan bahkan tingkat Nasional yang akan membangkitkan generasi-generasi muda dalam bentuk sains dan teknologi dimasa yang akan datang. Khusus Marco akan menimbulkan pengalaman-pengalaman dan semangat riset yang luar biasa, karena generasi muda kedepan harus ahli riset bukan hanya ahli agama.

Apresiasi MAN 1 Pekanbaru terhadap siswa berprestasi tersebut disambut baik oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Drs H Dahlan Jamil M Ag dalam rangka terus menjaring siswa siswi berprestasi menuju Madrasah Reseach Nasional. Apalagi selama ini MAN 1 Pekanbaru sudah sarat dengan prestasi akademik dan non akademiknya.

“Saya sangat mendukung anak – anak yang berprestasi ini diterima masuk MAN 1 tanpa syarat, dan saya juga sudah bicara kepada Kepala MAN 1 Pekanbaru, untuk mempertegas agar juara 1 2 3 itu diterima tanpa syarat. Bagi yang jauh dari provinsi atau dearah lainnya bisa tinggal di asrama,” ungkapnya dan berharap agar event perlombaan yang dilaksanakan oleh MAN 1 Pekanbaru dapat dikemas lebih baik lagi, sehingga bisa menjadi event sumatera atau nasional. (mus/ady/ana)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya