Drs. H. Muharom: Bimbingan Pra Manasik Haji ini Sangat Penting Bagi JCH

Ditulis Oleh riausiak Selasa, 12 Februari 2019, 15:23

Siak (Inmas) – “Bimbingan Pra Manasik Haji ini sangat penting diikuti oleh Jama’ah Calon Haji (JCH) Kecamatan Siak dan Kecamatan Mempura, karena ini merupakan gambaran bagaimana proses ibadah haji dimulai dari keberangkatannya dari tanah air sampai ke tanah suci hingga proses bagaimana kembalin ke tanah air dengan selamat. Ini semua akan dijelaskan dalam bimbingan pra Manasik nanti”, ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak, Drs. H. Muharom mengawali materinya di hadapan 38 orang JCH dari Kecamatan Siak dan Kecamatan Mempura.

Drs. H. Muharom memaparkan bahwa Manasik haji ini perlu dan sangat penting dilaksanakan. Karena dalam manasik haji ini kita diajarkan tentang rangkaian ibadah haji, mulai dari syarat haji, rukun haji, wajib haji, sunah Haji, hingga larangan-larangan selama menunaikan ibadah haji. “Oleh karena itu, ikutilah manasik haji ini dengan sebaik-baiknya, jika ada yang tidak tau atau tidak mengerti, tanyakan langsung pada narasumbernya”, ungkapnya.

Drs. H. Muharom juga menyampaikan informasi bahwa di Provinsi Riau jumlah kuota JCH ada sebanyak 5030 orang + 34 orang petugas Haji. Adapun untuk Kabupaten Siak, 259 orang JCH akan tergabung dengan Kloter 17 dan berangkat pada tahap ke II. Adapun mengenai jadwal Insya’Allah akan berangkat pada 16/17 Juli nanti. Sedangkan untuk pemondokan akan ditempatkan di daerah Masfalah, Makkah. Sedangkan pemberangkatan tahap I dan II pada dasarnya tidak ada perbedaan. Hanya saja jika JCH yang tergabung  pada tahap I mereka akan berangkat dari Batam langsung ke Madinah dan pulang melalui Makkah, sedangkan yang berangkat tahap II sebaliknya, dari Batam langsung Makkah dan pulang dari Madinah”, ujarnya panjang lebar memaparkan.

Oleh sebab itu, Muharom juga menyarankan kepada JCH agar segera mempersiapkan segala kesiapannya baik pelunasan yang waktunya relative singkat 15 s/d 20 hari. Selain itu, beliau juga menyarankan agar JCH kabupaten Siak untuk mengikuti seluruh rangkaian manasik baik yang diadakan secara mandiri, kecamatan maupun kabupaten. Tak lupa kesiapan fisik juga beliau pesankan kepada JCH Kabupaten Siak. (Hd)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya