Kakan Kemenag Rohil buka acara bimbingan manasik mandiri di Kec. Bangko Pusako dan Bagan Sinembah

Ditulis Oleh riaurohil Selasa, 12 Februari 2019, 11:29

Rokan Hilir ( Inmas) - Jamaah Calon Haji Kecamatan Bagan Sinembah, Balai Jaya dan Bangko Pusako, secara mandiri dan dengan biaya sendiri melaksanakan kegiatan bimbingan pra manasik haji pada musim haji tahun 2019 yang dilaksanakan di kecamatan masing-masing.

Bimbingan Manasik haji mandiri Kecamatan Bangko Pusako dilaksanakan di Aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kec.Bangko Pusaka pada hari Sabtu, 26 Januari 2019 sedangkan bimbingan pramanasik haji Kec. Balai Jaya bergabung debgan JCH Kec. Bagan Sinembah dilaksanakan Sekretariat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Bagan Sinembah.

JCH asal Kec. Bagan Sinembah/ Kec. Balai Jaya 82 orang dan Kec. Bangko Pusaka 32 orang.

Hadir di dua acara bimbingan manasik mandiri tersebut Kepala Kankemenag Rokan Hilir H. Agustiar, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) H. Hasbullah, Ketua IPHI Kec. Bahan Sinembah, Kepala KUA Kec. Bangko Pusako Nurlan, M.Ag, Kepala KUA Kec. Bagan Sinembah, Mahmudin, S.Ag, Camat, Penghulu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya H. Agustiar menjelaskan bahwa Ibadah Haji merupakan Rukun Islam yang kelima yang menjadi dambaan setiap muslim untuk melaksanakan kewajibannya. Bagi yang memenuhi persyaratan mampu atau istithoah, baik secara fisik, hati, rasa, disiplin kemandirian, serta materi terlebih lagi mampu melaksanakan manasik haji.

"Bagi JCH Kabupaten Rokan Hilir yang ingin melaksanakan bimbingan pramanasik haji, dipersilakan. Tapi dengan biaya sendiri. Mengapa demikian? Karena pramanasik yang diadakan Kemenag belum jelas anggarannya dan kapan waktunya. Dan itupun hanya dilaksanakan 1 kali." pungkas H. Agus.

Tujuan penyelenggaraan Ibadah Haji sebagaimana tertuang dalam UU No.13 Tahun 2008 menyatakan bahwa : Penyelenggara Haji bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik baiknya melalui sistem dan managemen penyelenggaraan yang baik agar pelaksanaan Ibadah Haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntunan agama serta Jemaah Haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri sehingga diperoleh haji yang mabrur.

Berkenan dengan maksud di atas, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Rokan Hilir H. Hasbullah dalam arahannya menjelaskan tentang kewajiban-kewajiban syar`i dan administrasi yang harus dipenuhi para JCH, dari syarat haji, wajib haji, rukun haji, pendantaran haji, pembuatan paspor, pelunasan biaya haji, dll. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya