Pembinaan Penyuluh Agama dan Menajemen Masjid

Ditulis Oleh riaurohul2 Jum'at, 25 Januari 2019, 10:29

Pembukaan Kegiatan acara

Rokan Hulu (inmas) Optimalisasi Fungsi Masjid dalam membina dan menggerakkan Potensi Umat merupakan kegiatan yang sangat penting hal ini dikarenakan banyaknya masjid yang ada di masyarakat yang melaksanakan kegiatan masjid tidak sesuai dengan fungsi dan peranan Masjid. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Syahrudin, M. Sy di Masjid Agung Islamic Centre dalam kegiatan Pembinaan Penyuluh Agama dan Menajemen Masjid, Kamis, 24/01.


Hal ini dicontohkan dalam gambaran kecil seperti Jam yang ada di masjid jam antara yang Satu dengan yang lainnya tidak sesuai, hal ini juga membutuhkan perhatian penting karena masyarakat yang datang dalam melaksanakan ibadah ragu dengan jam yang di ikuti, selain itu juga dicontohkan dengan pengeras suara yang hanya diadakan diluar saja, jika hal ini dipelajari maka pengeras suara didalam juga penting.

Ketua panitia H. Marthillevi Saleh M. Sy Kasi Bimbingan Masyarakat islam (Bimas Islam) Kemenag Rohul Ketua panitia dalam kegiatan tersebut menyatakan kegiatan ini diseponsori oleh Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Republik Indonesia (RI) dan peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 100 orang terdiri dari Penyuluh Agama Islam dan pengurus masjid yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.


selain itu, juga disampaikan dalam kegiatan tersebut akan mendatangkan orang-orang profesional dan ahli dibidangnya Salah Satu contohnya adalah Kemenag Rohul H. Syahrudin sebagai nara sumber bersama dengan Dr. H. Saifudin yang kesehariannya sebagai Dekan Fakultas Tarbiah.


Kemenag Rohul dalam materinya langkah-langkah optimalisasi Fungsi Masjid menyatakan identifikasi danĀ  kenali kondisi objektif bkeberadaan masjid dan sinkronisasi dengan kondisi jumlah dan pegelolaannya, selanjutnya melakukan pendekatan berbasis kultur, fungsional dan struktural dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan potensi Masjid sebagai tempat pemberdayaan Umat.


Selain itu juga dinyatakan melakukan pembinaan dan pengembangan sumberdaya pengelolaan masjid untuk peningkatan kualitas Umat berbasis masjid, mendorong terwujudnya profil masjid yang bisa mengabresiasikan beragam kegiatan masjid yang multi fungsi, baik untuk ibadah, pendidikan, ekonomi dan social, jika hal ini dilaksanakan maka masjid akan berjalan dengan baik dan optimal, (rt).

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya