Bupati Bengkalis Resmikan Penegerian MTs N 4 Bengkalis di Bathin Solapan

Ditulis Oleh imuss Kamis, 10 Januari 2019, 18:35

Riau (Inmas)- Bupati Bengkalis Amril Mukminin menghadiri syukuran sekaligus meresmikian penegerian MTsN Bengkalis yang terletak di Desa Petani Kecamatan Batin Solapan Kabupaten Bengkalis, Kamis (10/1/2019).

Acara yang berlangsung meriah tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Terpilih Edy Natar Nasution dan istri, Kakankemenag Bengkalis H Jumari dan jajaran, Kakanwil Kemenag Riau yang diwakili oleh Kasubbag Kepegawaian Kemenag Riau Drs H Kamarudin, Mantan Kakanwil Kemenag Riau Dr H Asyari Nur SH MH, jajaran Pemda Bengkalis, anggota DPRD, Camat, Wakil Kepala Madrasah Asni S PdI, Kasubbag Inmas, Kepala Madrasah Swasta di Bengkalis, Keluarga besar MTs N 4 Bengkalis, orang tua siswa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sebagaimana diketahui bahwa pada 29 Oktober 2018 lalu menteri agama secara resmi menyerahkan KMA nomor 535 tahun 2018 tentang penegerian 48 madrasa di Indonesia. Salah satunya adalah MTs N 4 Bengkalis yang terletak di Desa Petani Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kemenag yang telah memperjuangkan penergerian MTsN 4 Bengkalis. Harus ada peningkatan dalam segala hal, mutu pendidikan, sarana dan prasarana. Sehingga kualitas pendidikan madrasah semakin meningkat,”  ungkapnya dan berharap agar madrasah- madrasah swasta yang masih cukup banyak juga dapat diperjuangkan penegeriannya.

Wakil Gubernur Riau terpilih Edy Natar Nasution dalam sambutannya menyebutkan, perjuangan pihak madrasah hingga penegerian merupakan perjuangan yang luar biasa. Untuk itu semua pihak harus memberikan dukungan agar MTsN 4 Bengkalis dapat lebih baik lagi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Berdirinya MTsN 4 Bengkalis ini tentu tidak lepas dari perjuangan para pendiri terdahulu. Ini merupakan amal jariyah yang terus mengalir selama madrasah ini berdiri. Ini merupakan hal luar biasa yang belum pernah saya lakukan," ucapnya.

Kakankemenag Bengkalis, H Jumari MA berharap dengan penegerian MTs N 4 Bengkalis akan menambah semangat pelaku pendidikan di Bengkalis, khususnya di Kecamatan Mandau, Kecamatan Talang Mandau, Kecamatan Pinggir dan Kecamatan Bathin Solapan.

Semoga madrasah semakin hari semakin jaya, semakin hebat, semakin bermartabat. Untuk itu perlu dukungan semua pihak untuk terus memajukan sektor pendidikan madrasah di Bengkalis,” harapnya.

Drs H Kamarudin mewakili Kakanwil Kemenag Riau menyebutkan, setelah penegerian MTsN 4 Bengkalis maka madrasah harus lebih maju. Karena dalam mengelola pendidikan harus dilakukan lebih serius.

Dibeberapa Kecamatan di Bengkalis seperti Duri, Bathin Salopan dan 2 Kematan lainnya yang berdekatan memang belum mempunyai Madrasah Negeri, untuk itu kedepan beberapa madrasah swasta yang telah berkembang di daerah ini akan diperjuangkan pengeriannya demi kemajuan pendidikan di daerah," ucapnya.

Wakil Kepala MTs N 1 Bengkalis yang saat ini mengelola MTsN 4 Bengkalis, Asni S Pd I, menuturkan, perjuangan madrasah yang dulunya bernama Madrasah Bustanul Ulum dimulai sejak tahun 2006 dengan 3 lokal dan 15 orang siswa. Kemudian tahun 2014 menjadi filial MTs N 1 Bengkalis hingga akhirnya Oktober 2018 ditetapkan sebagai MTsN 4 Bengkalis dengan jumlah siswa 230 orang.

Alhamdulillah berkat perjuangan panjang masyarajat dan para pendiri MTsN 4 Bengkalis, akbirnya MTs yang letaknya sekitar 15 KM dari Kota Duri dan satu- satunya di 4 Kecamatan. Sehingga kehadiran madrasah ini memang sangat ditunggu- tunggu oleh masyarakat,” ungkapnya dan berharap kedepan pemerintah dan masyarakat hendaknya dapat memberikan perhatian lebih untuk terus memajukan MTsN 4 ini. (mus/dedi/faj)

 

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya