Drs. H. Muharom : Jadikan Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai Upaya untuk Mengembangkan Sikap Tasamuh, Tawazun dan I’tidal dalam Menjalankan Ajaran Agama”

Ditulis Oleh riausiak Rabu, 21 November 2018, 16:39

Siak (Inmas) – 12 Rabiull Awwal 1440 H yang jatuh pada Selasa (20/11/2018) menjadi peringatan Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Irbil (wilayah Irak sekarang), bernama Muzhaffaruddin Al- Kaukabri pada  abad ke-7 Hijriyah. Ibnu katsir dalam kitab Tarkh berkata : Sunan Muzhaffar mengadakan peringatan Maulid nabi pada bulan Rabi’ul Awwal. Ia merayakannya secara besar-besaran.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak Drs. H. Muharom melalui momentum Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H, berharap agar seluruh umat Islam khususnya di Kabupaten Siak untuk dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dengan berbuat kebajikan dan beramal shaleh dengan cara meneladani sifat dan akhlak mulia Nabi Muhammas SAW.

“Untuk itu, mari kita kembangkan sikap toleransi (tasamuh), keseimbangan (tawazun), dan bersikap adil (I’tidal) dalam menjalankan ajaran Agama, agar tidak terjebak pada pertentangan dan perselisihan sempit (furuiyyat) yang dapat merusak tali silaturahmi antar umat Islam”, sampainya.

Hal ini sesuai dengan misi Nabi Muhammad SAW yang ingin mewujudkan persaudaraan Islam dan persatuan umat sebagaimana yang dilakukan Nabi ketika menyatukan dan mempersaudarakan kaium Muhajirin dan Anshor saat membangun kota Madinah.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa dalam mengembangkan hidup damai, harmoni dan toleransi (tasamuh) dapat diwujudkan melalui sikap dan perilaku keberagaman yang santun, rukun, toleran, saling menghormati, dan menerima perbedaan keyakinan. (*ICY)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya