Sambut Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H, MI As Sidiqiyah Gelar Acara Tausiyah di Dua Tempat Berbeda

Ditulis Oleh riausiak Rabu, 21 November 2018, 16:32

Siak (Inmas) – Untuk memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Robiul Awwal 1440 H / 20 November 2018 mendatang, Madrasah Ibtidaiyah (MI) As Sidiqiyah gelar acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di dua Masjid berbeda.

Untuk siswa/i kelas 1 s/d kelas 3, peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H digelar di Masjid Al Alim (Komplek Perumahan Bupati) yang diisi oleh Ustadz Ihsan Taufiqi Ramli, S.Sy dari Kementerian Agama Kabupaten Siak sebagai penceramah.

Dalam kajiannya, Ustadz Ihsan Taufiqi Ramli, S.Sy memaparkan mengenai 3 (tiga) poin terbesar dalam Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, yakni :

  1. Maulidur Rasul, yakni mengenai ruang lingkup lahir Nabi, peristiwa, masa kanak-kanak Nabi hingga diangkat jadi Nabi;
  2. Daulah Islamiyah, yakni mengenai perintah tentang solat; dan
  3. Daulah Khilafah, yakni mengenai wafat Nabi dan lahirnya pemimpin pasca Nabi wafat.

(Abu Bakar, Umar, Usman, Ali bin Abi Thalib dan sampailah sekarang ini)

Sementara itu untuk siswa/I kelas 4 s/d kelas 6, peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H digelar di Masjid Al Fatah yang diisi oleh Ustadz Kasrizul, S.HI sebagai penceramah.

Dalam kajiannya, Ustadz Kasrizul, S.HI memaparkan mengenai sejarah, kepribadian, keunggulan dan perjuangan Nabi Muhammad SAW serta mengenai pentingnya akhlak dan ilmu yang dapat meningkatkan derajat manusia. “Rasulullah SAW sebagai sauri tauladan yang baik dapat kita jadikan contoh dalam membentuk pribadi yang baik, beriman, berakhlak dan berilmu. Untuk itu mari kita jadikan momentum peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW ini sebagai upaya kita dalam meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan berbuat kebajikan dan beramal shaleh dengan cara meneladani sifat dan akhlak mulia Nabi Besar Muhammad SAW’, sampai Ustadz Kasrizul, S.HI.

Selanjutnya Kepala MI As Sidiqiyah memaparkan bahwa kegiatan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H tahun ini diadakan terpisah menjadi 2 kelompok, agar siswa/I dapat hikmat dalam mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz. (*ICY)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya