Lusa Pelamar CPNS Kemenag Bertarung, PLT Kakanwil Tinjau Kesiapan Lokasi Ujian CAT 2018

Ditulis Oleh vera Jum'at, 09 November 2018, 21:17

Riau (Inmas) - PLT Kakanwil Kemenag Riau Drs H Mahyudin MA,meninjau lokasi ujian SKD (CAT) CPNS di Hotel Labersa Jum'at (09/11). Dalam peninjauan tersebut, Mahyudin didampingi Kasubbag Ortala Kepegawaian Drs H Kamarudin dan Kasubbag Umum Drs H Elwizar, serta beberapa staf yang terlibat dalam tim Panlak CPNS Kemenag Riau.

Rombongan kedua ini, usai rombongan tim Panlak yang melakukan simulasi tadi pagi disambut langsung oleh koordinator ujian CAT Yuhazmi Dartius S Kom Kasi Pembinaan Di lingkungan BKN Regional XII Pekanbaru di gedung ballroom Hotel Labersa.

Dikatakan Azmi kapasitas daya tampung bagi peserta ujian CAT CPNS mencapai hingga 900 orang peserta, mampu menyelenggarakan hingga lima sesi. “Soal ujian dikemas acak, sehingga tak ada peluang peserta untuk saling contek mencontek, setiap peserta mendapatkan soal yang berbeda pada nomor soal soal ujian, ini menutup kemungkinan mencontek selama ujian berlangsung”, katanya.

Menanggapi hal itu Mahyudin mengatakan dari hasil pantauan langsung dilapangkan, kapasitas daya tampung untuk peserta CAT sudah memenuhi syarat untuk diselenggarakannya Test CAT CPNS 2018. Kelengkapan fasilitas yang dimiliki pihak hotel seperti lahan parkir yang luas, fasilitas tempat ibadah, kantin, toilet yang bersih, kawasan penitipan barang dan ruang lingkup pengamanan yang mudah untuk diawasi.

Selain itu tenda tempat tunggu peserta, pintu masuk dan keluar, pemanggilan peserta sampai pada posko verifikator dan tempat pemeriksaan tertata dengan baik.

Untuk itu, sebut Mahyudin penjelasan dari BKN terkait pelaksanaan Ujian tes SKD (CAT) untuk pelamar CASN semoga  bisa berjalan dengan lancar dan baik. Ia berpesan agar peserta bisa mengikuti prosedur yang telah ditetapkan BKN. Ia juga mengingatkan agar seluruh peserta datang tepat waktu, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. “Semoga peserta ini bisa mengerjakan soal soal dengan maksimal dan kami berharap pelamar yang ada di lingkungan Kanwil Kemenag Riau bisa lulus lebih banyak, dari tahun tahun sebelumnya, karena juga berharap pegawai yang ada di Kemenag bisa bertambah dengan jumlah kelulusan lebih banyak lagi,i ucap Mahyudin. 

“Berdasarkan pengalaman persentase kelulusan selama ini yang lulus tidak sampai 2 persen, bahkan ada yang hanya 1 persen dan bahkan  setengah persen dari jumlah pelamar yang ada. Oleh karenanya semoga saja pelamar di Kemenag Riau bisa lulus lebih banyak, sehingga ASN Kemenag bisa bertambah dari sebelumnya”, ungkapnya

“Jumlah Pegawai kita masih banyak yang kurang, penghulu masih kurang, guru kita juga masih banyak yang kurang, penyuluh kita juga masih banyak yang kurang”, terang Mahyudin kepada Tim Inmas.

Sementara itu Kasubbag Ortala Kepegawaian Drs H Kamarudin melaporkan bahwa jumlah calon peserta ujian Test CAT CPNS Kanwil Kemenag Riau sebanyak 3945, dimana total formasi yang dibutuhkan sebanyak 243 orang. “ Mereka dibagi dalam 4 sesi untuk hari pertama Minggu (11/11) dan satu sesi pada hari kedua”, urai Kamarudin.

Kamarudin mengungkapkan formasi yang paling banyak dibutuhkan adalah guru, sisa lainnya untuk tenaga JFU dan JFT di Kanwil Kemenag Riau. “ Semoga pelaksanaan kegiatan ini bisa berjalan lancar dan aman”, harapnya.

Panitia pelaksana CPNS Kemenag Riau dilibatkan BKN hanya dalam tugas absensi, penitipan barang, mengarahkan peserta sesuai dengan SOP BKN, selebihnya adalah kewenangan BKN kita tidak bisa ikut campur dalam hal itu”, imbuh Kamarudin.(vera/sy)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya