Seksi Penmad Kemenag Rohil gelar sosialisasi Aplikasi Rapor Digital (ARD)

Ditulis Oleh riaurohil Rabu, 07 November 2018, 17:35

Rokan Hilir (inmas)- Bertempat di aula lantai 2 Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab. Rohil menggelar acara Sosialisasi Aplikasi Raport Digital (ARD), Rabu (7/11/2018).

Berdasarkan absensi yang ada acara sosialisasi ini diikuti oleh utusan 41 madrasah dan dibuka secara langsung oleh Kepala Kankemenag Rohil H. Agustiar dengan didampingi Kasi Penmad Drs. H. Naini, M.Pd.I.

Dalam arahannya Kakan Kemenag Rohil menegaskan bahwa zaman sekarang eranya digital, semua serba digital, serba aplikasi baik online maupun offline.

Di kantor ini, ujar H. Agustiar, untuk memenuhi pekerjaan semua sudah pakai aplikasi. Dari Seksi Bimas Islam ada SIMKAH, Kepegawaian ada SIMPEG, urusan haji ada SISKOHAT dan lain-lain apalagi di Seksi Penmad, ada SIMPATIKA, EMIS, SIBOS Pintar dan yang sekarang sedang kita sosialisasikan adalah Aplikasi Rapor Digital (ARD).

“sekarang zamannya sudah canggih, zaman digital, maka bagi para pengelola sekolah/madrasah harus benar-benar menguasai digital itu sendiri, bahkan ujian nasional saja sekarang yang sedang kita mantapkan, menggunakan Computer Based Test (CBT),” ungkapnya.

Sementara Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Naini mengatakan, bahwa dalam Aplikasi Rapor Digital (ARD) ada 3 komponen penting yang terlibat didalamnya. Yakni Pendis Pusat, Operator Madrasah dan Guru Madrasah. Dalam ARD Pendis Pusat bertugas dalam integrasi dan pemantauan data. Operator Madrasah meliputi Unit Tata Usaha atau petugas terkait dengan pendataan dan administrasi lembaga. Sedangakan Guru Madrasah meliputi guru pengampu atau tenaga kependidikan yang bertanggungjawab dalam KBM dan penilaian hasil belajar.

“insyaa Allaah, pelaksanaan ARD akan diberlakukan atau diujicobakan pada semester ganjil TP. 2018/2019. Pada jenjang MI, MTs dan MA,” katanya. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya