Kepala Kankemenag Siak Pesankan Ini Saat Menghadiri Penyaluran Zakat Tahap III Pola Konsumtif di Kecamatan Mempura

Ditulis Oleh riausiak Kamis, 11 Oktober 2018, 15:00

Siak (Inmas) – Saat memberikan sambutan pada kegiatan penyaluran zakat pola konsumtif di Kecamatan Mempura yang diberikan kepada 36 orang mustahiq zakat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak, Drs. H. Muharom menjelaskan tentang urgensi zakat sebagai ibadah social wajib yang merupakan salah satu rukun Islam yang ditetapkan Allah.

“Zakat merupakan salah satu bagian dari rukun Islam yang harus ditegakkan oleh setiap pemeluk Islam. Ia memiliki kedudukan sama dengan rukun-rukun yang lain seperti shalat, puasa, dan haji, bahkan dalam banyak ayat Al Qur’an perintah sholat selalu dirangkai dengan perintah zakat, karena shalat itu ibadah fardiyah (ibadah yang bersifat personal) sedangkan zakat/ sedekah adalah ibadah sosial (ijtima’iyyah)”, ujarnya.

Beliau melanjutkan, BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) merupakan sebuah institusi ibadah ijtima’iyyah, yang bersifat maliyah, yang berfungsi menjadi alat penanggulangan ketimpangan ekonomi, yang diharapkan mampu menjalankan perputaran harta benda (ekonomi), sehingga tidak dikuasai atau dimonopoli oleh seseorang atau sekelompok orang dalam rangka mewujudkan keadilan dan kesejahteraan sosial.

Selain itu, Drs. H. Muharom juga menginformasikan bahwa Kankemenag Siak melalui Penyelenggara Syari’ah beberapa waktu yang lalu telah mengundang seluruh pengurus masjid kecamatan se-Kabupaten Siak dalam rangka pembentukan UPZ Masjid. “ Semoga dengan terbentuknya UPZ Masjid ini potensi muzaki akan lebih bertambah, dan dana yang terkumpul bisa lebih banyak serta pasti akan lebih memaksimalkan ketika penyaluran kepada mustahik”, tambahnya.

Di akhir sambutannya, Muharom menghimbau, agar masyarakat khususnya para pemilik harta di Kabupaten Siak untuk meningkatkan kesadaran berzakat. “Karena didalam harta kita terdapat hak orang lain”, pesannya. (Hd)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya