Penyaluran Zakat Konsumtif Tahap III di Kecamatan Mempura, Asisten III Bupati, Ajak Masyarakat Semangat Tunaikan Zakat

Ditulis Oleh riausiak Kamis, 11 Oktober 2018, 14:54

Siak (Inmas) – Rabu, (10/10/18), dalam sambutannya dalam kegiatan penyaluran zakat pola konsumtif di Kecamatan Mempura, Asisten III Bupati Siak, Drs. H. Jamaluddin, M.Si mengajak masyarakat kecamatan Mempura, khususnya para Muzaki untuk menunaikan zakat terutama bagi masyarakat pelaku usaha, pedagang yang telah mencapai nisabnya sesuai aturan syar'i.

Jamaludin dalam arahannya menyampaikan, bahwa zakat ini adalah rukun Islam yang ke tiga yang wajib ditunaikan oleh setiap orang yang mempuyai harta atau penghasilan yang sudah mencukupi nisabnya, dan di serahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional Kab.Siak atau melalui UPZ kecamatan  yang telah di bentuk. "Potensi zakat di kabupaten Siak cukup besar. Jika potensi zakat  tersebut dibayarkan ke BAZNAS, maka lebih banyak fakir miskin dan kaum duafa terbantu," sebut Jamaludin.

Untuk itu, jamaludin mengajak para pelaku usaha, pedagang maupun masyarakat agar berzakat di tempat tinggal masing-masing. Artinya, zakat tersebut di bayarkan dimana mendapatkan harta atau di mana berusaha, maka disitu pula zakat dibayarkan, seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. "Zaman Rasulullah SAW mengarahkan agar umatnya membayarkan zakat melalui amil zakat yang telah resmi di tunjuk oleh ulil amri atau pemerintah", katanya.

Artinya, lanjut dia, muzaki tidak boleh menyalurkan zakatnya langsung dengan mustahik atau berzakat dikampung halaman, karena sudah ada amil yang resmi dibentuk oleh pemerintah. Kemudian Jamaludin mengharapkan agar masyarakat meningkatkan kesadaran akan kewajiban berzakat. Semakin banyak masyarakat berzakat, maka semakin banyak pula kaum Duafa dan fakir miskin terbantu.

Berbagai program telah dilaksanakan oleh Baznas Siak seperti program Siak Sehat, Siak Religie, Siak sejahtera, Siak peduli, Siak cerdas dan Siak terang,. Program tersebut merupakan bentuk upaya BAZNAS dalam mencukupi dan mensejahterakan kaum duafa dan fakir miskin di kabupaten Siak. Oleh karena itu, dirinya menghimbau masyarakat untuk mendukung dan membayar zakat melalui Baznas, agar penyaluran dan pendayagunaan zakat lebih terarah dan tepat sasaran. (Hd)


kembali ke daftar berita

Berita Lainnya