Tausiyah Ust. Hadiyan, S.Ag di MAN 1 Rohil, maknai hidup dengan ibadah

Ditulis Oleh riaurohil Senin, 08 Oktober 2018, 11:12

Ust. Hadiyan, S.Ag saat menyampaikan tausiyah pada kegiatan rutin bulanan MAN 1 Rohil

Rokan Hilir (inmas)- Kegiatan tausiyah keagamaan yang rutin dilaksanakan setiap Bulan pada minggu pertama. Untuk Bulan Oktober 2018 ini sengaja menghadirkan Ustadz Hadian, S.Ag,  salah satu pengurus dan pendidik di Pesantren Raudlatul Jannah Bagansiapiapi. Kegiatan ini merupakan program kesiswaan bersama dengan OSIS MAN 1 Rokan Hilir.

Hadir Kepala MAN 1 Rohil, Dra. Hj. Rahmawati, M.Pd.I dan seluruh majlis guru. Dalam sambutannya beliau mengajak kepada majlis guru dan siswa agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Diri kita tak ubahnya sebatang pohon, dia akan tumbuh subur dan diharapkan menghasilkan buah yang berkualitas jika senantiasa dirawat, disiram dan dipupuk.

“maka agar hidup ini tumbuh, subur dan produktif dunia akhirat jangan lupa rawat, siram dan pupuk diri kita apalagi rohani kita, salah satunya dengan siraman rohani pada hari ini, mudah mudahan akan lebih baik dalam menyongsong masa depan,” Ibu Rahma menasihati.

Selanjutnya tausiyah Hadiyan, S.Ag dengan judul “Memaknai Hidup dengan Ibadah” mengawali tausiyahnya ia membacakan ayat Alquran yang merupakan rujukan tujuan Allah SWT menciptakan Jin dan Manusia, yakni Surat Adz-Dzariyaat ayat ke 56 . “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”.

Ust. Hadiyan menjelaskan, Firman Allah ini pada prinsifnya adalah sebuah pernyataan, bahwa kehadiran kita di dunia ini untuk hanya menyembah Allah SWT. Sebagai bentuk syukur kita sebagai hamba, yang sampai hari ini masih diberi kesehatan dan kehidupan, menghirup udara secara gratis tanpa pernah kita membayarnya, maka selayaknya rasa syukur itu kita manifestasikan dengan semakin meningkatkan Ibadah kita kepada Allah SWT.

Mari kita tafakkuri bersama apa yang ada pada diri kita, Jantung, paru-paru, hati, peredaran darah, usus, lambung dan segala organ tubuh lainnya, dimana kita tak punya kuasa untuk mengaturnya. Semuanya bekerja berdasarkan perintah dari yang menciptakannya.

“Betapa kita sangat bergantung kepada Allah SWT, dan tak sepantasnyalah kita menyombongkan diri walau sedetikpun, karena Iblis, laknatullah terusir dari surga akibat kesombongan, nauudzu billah kalau itu terjadi pada diri kita,” unhkapnya.

Hadiyan menegaskan, umur kita sampai saat ini juga merupakan kemurahan pemberian Allah SWT,  maka sungguhlah sedih hidup ini bila hanya untuk bermain dan bersenda gurau semata, mari kita isi kehidupan ini dengan nilai nilai ibadah, baik dalam bentuk ibadah mahdloh seperti Shalat 5 waktu, puasa Ramadhan, zakat, Haji dll dan Ibadah gharu mahdloh seperti kegiatan sosial, bersih bersih, gotong royong dll. 

“jangan kita isi hidup ini hanya dengan aktivitas keduniaan semata tanpa menyisihkan sedikit pun aktivitas menjemput pundi pundi amal untuk dibawa ke negeri akhirat,” tegasnya.

Sebagai pelajar yang berada dilingkungan MAN 1 Rokan Hilir, sudah selayaknya kita menjadi Pendakwah dalam bentuk prilaku  pada yang lain, karena kita ada dalam naungan kementrian Agama. Untuk itu secara pribadi saya melihat selama ini MAN telah menjadi lembaga pendidikan yang penuh dengan aktifitas Ibadah, seperti adanya kegiatan yasinan bersama, doa bersama, tausiyah seperti hari ini, dan juga ibadah sosial, seperti kepedulian bagi saudara saudara kita yang ada di Sulawesi, Palu, anak anak secara bahu membahu mengumpulkan dana untuk nilai kemanusiaan, ini adalah ibadah yang luar biasa, namun perlu harus dilandasi keikhlasan. 

Untuk itu saya mengharapkan lanjutnya, semoga MAN 1 Rokan Hilir menjadi pusat pendidikan Islam yang mampu menjadi suluh bagi Masyarakat bagansiapiapi khususnya dan Rokan Hilir pada umumnya.

Terakhir, beliau berpesan  Jangan bosan menuntut ilmu dan hindarilah pergaulan bebas dan seraya meningkatkan ketaqwaan Kepada Allah swt serta selalu mensyukuri nikmat-nikmat yang di berikan-Nya kepada kita, semoga kita semua menjadi hamba hamba yang taat dalam ibadah. (Nsh)

kembali ke daftar berita

Berita Lainnya